Jelang Pilkada, Bawaslu Pesawaran Imbau ASN Jaga Netralitasnya

Divisi Humas, Data dan Informasi Bawaslu Pesawaran, Riswanto.//rft

MOMENTUM, Gedongtataan--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten setempat untuk menjaga netralitasnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.


Divisi Humas, Data dan Informasi Bawaslu Pesawaran, Riswanto mengatakan, netralitas ASN harus dilakukan untuk menjamin Pemilu yang jujur dan adil.

"Aturan KASN (komisi aparatur sipil negara) menekankan ASN harus netral dan tidak boleh berpihak pada salah satu calon. Misalnya dalam bentuk like, komen, maupun berbagi link di media sosial," kata Riswanto saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (10-8-2020).

Saat ini, Bawaslu setempat masih melakukan riset terkait IKP (indeks kerawanan pilkada) tahun 2020 di kabupaten setempat.

"Pada Pilkada Pesawaran tahun 2016 keterlibatan ASN masih sangat tinggi. Terdapat sejumlah ASN yang terlibat aktif dalam kampanye salah satu paslon dan kami sudah memberikan rekomendasi kepada KASN untuk menegur," tuturnya.

Meski tak menyebut angka pasti jumlah keterlibatan ASN, namun dia menyayangkan tingginya jumlah keterlibatan ASN dalam politik praktis.

"Bahkan, ada salah satu kendaraan dinas yang dipakai untuk mengangkut alat peraga kampanye. Semoga Pilkada 2020, kesadaran ASN semakin tinggi untuk tidak terlibat dalam politik praktis," harapnya.

Lebih lanjut, guna meminimalisir keterlinatan ASN dalam proses Pilkada, Bawaslu telah melakukan sosialisasi dan koordinasi bersama Pemkab setempat melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran. Pihaknya juga akan menggelar edukasi bersama pemilih pemula.(**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agung Chandra Widi 

Berikan Komentar