Positif Covid-19 di Tanggamus Bertambah Satu

Tanggal 12 Agu 2020 - Laporan - 950 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Kotaagung--Kasus positif covid-19 di Kabupaten Tanggamus bertambah satu orang. Hingga saat ini, total kasus covid-19 di kabupaten tersebut berjumlah empat orang.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus menyebut, penambahan satu kasus positif covid-19 itu terdata dengan kode pasien 04, berjenis kelamin laki-laki, usia 53 tahun.

"Pasien 04 warga Kotaagung. Pasien memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta pada Tanggal 27 Juli 2020. Kemudian pasien mengalami keluhan pada gangguan indera penciuman," kata juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanggamus dr.Eka Priyanto, Rabu (12-8-2020).

Selanjutnya, pada tanggal 5 Agustus 2020 Tim Surveilans Epidemiologi Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus dan Tim Surveilans Puskesmas Kotaagung melakukan  melalui rapid tes terhadap pasien. Hasilnya nonreaktif. Kemudian pada tanggal 7 dan 9 Agustus dilakukan tes swab dan hasilnya positif covid-19.

"Saat ini, pasien kasus 04 telah dilakukan isolasi mandiri dengan penanganan kesehatan sesuai dengan tata laksana asus covid-19," ungkapnya.

Selanjutnya, Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Tanggamus bersama Tim Kesehatan Puskesmas Kota Agung melakukan tracing (penelusuran) kepada orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien kasus 04.

"Diketahui terdapat 37 orang yang memiliki kontak erat dengan pasien kasus 04. kepada mereka telah dilakukan tes wwab. Selain itu dilakukan juga rapid tes terhadap 39 orang lainnya yang terhubung dengan kontak erat. Mudah-mudahan, dari hasil tracing ini tidak ada penambahan kasus positif baru," harapnya.

Dia mengimbau masyarakat tetap menerapakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

"Selalu terapkan protokol kesehatan: rajin cuci tangan pakai sabun, gunakanan masker, jaga jarak saat berinteraksi sosial dan jangan lupa rutin berolahraga untuk menjaga imunitas tubuh," imbaunya. (**)

Laporan: Galih

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com