Industri Perkebunan Kepala Sawit Masih Prospektif

Tanggal 12 Agu 2020 - Laporan - 536 Views
SEVP Operation II PT Perkebunan Nusantara VII, Dicky Tjahyono, talkshow di Lampung Post. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung—Luas perkebunan kelapa sawit Indonesia selama periode 2015-2019 mengalami peningkatan meski relatif kecil. Namun, produktivitasnya tidak banyak peningkatan bahkan cenderung stagnan.

Hal ini diungkapkan Dicky Tjahyono, SEVP Operation II PT Perkebunan Nusantara VII, di acara talkshow dengan tema “Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan Mensejahterakan Rakyat di Era New Normal” bertempat di Lampung Post, Selasa (12-8-2020).

Menurutnya, pada tahun 2019, luas areal perkebunan kelapa sawit tercacat mencapai 14.724.420 hektare. Dari luasan tersebut, sebagian besar diusahakan oleh Perusahaan Besar Swasta (PBS) sebesar 54,75% atau seluas 8.061.636 hektare, Perusahaan Besar Negara (PBN) sebesar 4,26% atau seluas 627.042 hektare dan Perusahaan Rakyat (PR) sebesar 40,99% atau seluas 6.035.742 hektare.

Selama lima tahun terakhir (2015-2019), luas areal perkebunan kelapa sawit di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan rata-rata laju pertumbuhan sebesar 6,3% kecuali pada Tahun 2016 luas areal kelapa sawit sedikit mengalami penurunan sebesar 0,5% atau berkurang seluas 58.811 hektare, dan peningkatan terbesar terjadi pada tahun 2017 sebesar 25,4% atau bertambah seluas 2.847.257 hektare. Dari tahun 2015 hingga tahun 2019, total luas areal kelapa sawit bertambah seluas 3.735.734 hektare. 

“Peningkatan luas areal perkebunan kelapa sawit dari tahun ke tahun menunjukkan sektor industri sawit masih terus tumbuh terutama oleh pengusahaan Perkebunan Besar Swasta, namun sayangnya hal ini tidak dapat dimanfaatkan oleh Perkebunan Besar Negara yang terlihat tidak menunjukan perkembangan luas areal yang signifikan, papar Dicky.

Sedangkan untuk produksi, kata Dicky, rata-rata produktivitas minyak sawit per Hektare di Indonesia masih sangat rendah. Tingkat produktivitas dari tahun 2015-2019 tidak banyak mengalami peningkatan bahkan cenderung stagnan, untuk produktivitas berdasarkan total luas kebun sawit adalah sebesar + 2,7 ton/ha, sedangkan untuk produktivitas berdasarkan total kebun yang sudah TM adalah sebesar + 3,6 ton/ha.

Bicara soal harga, tambah Dicky, trend harga CPO yang mengalami kenaikan memasuki tahun 2020, industri minyak sawit Indonesia menghadapi sejumlah problem. Ada trend penurunan produksi di awal tahun sebagai dampak kemarau panjang 2019, baik jumlah dan ukuran tandan buah segar sawit. 

Oleh karena harga sawit sebagai minyak nabati sebagian diserap untuk kebutuhan primer (makanan dan energi), pandemi Covid 19 tidak serta-merta membuatnya mengkerut.

Sejumlah negara yang menderita oleh Covid-19 pun, seperti Mesir, Pakistan, India, dan Bangladesh tetap menunjukkan permintaannya yang kuat. Tiongkok dan Amerika juga tetap menjadi pasar potensial. Masih banyak pedagang yang berani membeli harga CPO yang relatif tinggi di bursa berjangka sehingga CPO dianggap tahan banting di tengah pasar dunia yang sedang meriang akibat Covid 19. (rls)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan d ...

MOMENTUM, Jakarta -- Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan ...


Komisaris PTPN I: Waspadai Pestalotiopsis dan ...

MOMENTUM, Palembang -- Roda bisnis PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ...


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com