Pejabat dan Pokdarwis Pringsewu Gelar Ngobar

Wabup Pringsewu Fauzi ngobrol bareng dengan Pokdarwis. Foto. Lis.

MOMENTUM, Pringsewu--Sejumlah pelaku usaha wisata dan pejabat di Kabupaten Pringsewu ngobrol bareng (ngobar) sambil ngopi di Hotel Urban Pringsewu, Selasa (25-8-2020) malam. 

Dalam suasana santai dan penuh keakraban, peserta ngobar menyampaikan ide, gagasan, sumbangsaran dan berbagai pengalaman. 

Ngobar dihadiri Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan para pengelola tempat wisata yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pokdarwis Kabupaten Pringsewu. 

Juga hadir, Wakil Bupati Fauzi bersama Kadis Kominfo Samsir Kasim, Sekdis Pertanian Maryanto, Sekdis Koperindag Supriyanto, Kabid Pariwisata Disporapar Sigit Budiarto, Camat Pringsewu Nang Abidin Hasan.

Ngobar turut dihadir konsultan pariwisata yang juga pembina Forkom Pokdarwis Yolinda Dumaria Wuysang, Manager Hotel Urban Pringsewu Ahmad Aziz Sentosa, serta para pengurus Pokdarwis.

Fauzi mengatakan, berbicara pariwisata, bukan hanya soal tempat wisata. Tetapi juga faktor pendukung lainnya. "Intinya saya  mendukung adanya kolaborasi diantara Pokdarwis yang ada, mengingat dunia kepariwisataan tentunya melibatkan banyak pihak," ujarnya.

Pemkab Pringsewu mengapresiasi peran serta seluruh masyarakat dalam membangun pariwisata di Pringsewu. "Saya mengajak untuk membuat sesuatu yang menarik agar orang datang ke Pringsewu," pintanya. 

Menurutnya, majunya kepariwisataan bakal menimbulkan dampak luas bagi masyarakat. Karena itu, dia berharap pertemuan tersebut tidak berhenti sampai di sini. "Silakan manfaatkan Rest Area Wates  sebagai pusat informasi pariwisata Pringsewu," katanya.

Sementara, Ketua Forum Komunikasi Pokdarwis Kabupaten Pringsewu Budi Harmoko mengatakan saat ini sudah bukan waktunya antar-Pokdarwis berkompetisi, namun berkolaborasi. Forum Koordinasi Pokdarwis Pringsewu, memiliki semboyan Kreatif, Inovatif, Mandiri.

Dia juga menambahkan bahwa yang diharapkan dari pemerintah daerah sebetulnya adalah support. "Semoga dengan adanya Pokdarwis tersebut, semoga dapat lebih menggenjot dunia kepariwisataan di Kabupaten Pringsewu," imbuh Fauzi. 

Sementara Manager Hotel Urban Pringsewu Ahmad Aziz Sentosa menyatakan hotelnya siap menjadi Sekretariat Forum Komunikasi Pokdarwis, sekaligus menjadi tempat berkumpul dan kongkow bareng para pelaku pariwisata dan Pokdarwis dalam rangka mengembangkan dunia kepariwisataan di Kabupaten Pringsewu.

Pada agenda itu juga dilakukan ekspos mesin Ultrafogger, yang merupakan hasil inovasi Pokdarwis Kabupaten Pringsewu. 

Ultrafogger ini dapat dipergunakan untuk menyemprotkan disinfektan dalam ukuran nano, sehingga efektif digunakan di ruangan indoor, perkantoran dan lainnya. Mesin ini juga sudah digunakan di Yogyakarta. (*).

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.

Berikan Komentar