Apresiasi Karya Seni, Bupati Lamsel Borong Lukisan

Suasana perkumpulan pemuda di Sanggar Jaha Budaya Kabupaten Lampung Selatan.

MOMENTUM, Kalianda--Bupati H Nanang Ermanto memborong karya pelukis di Kabupaten Lampung Selatan.

Sebanyak 33 karya dalam pameran di rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, Kalianda 26 – 27 Agustus 2020 lalu menjadi cacatan sejarah karena seluruh karya yang dipamerkan dibeli bupati.

Dalam perhelatan yang ditaja dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia ini diselenggarakan Lomba Lukis Mural, dengan media tembok keliling kebun melon rumah dinas Bupati Lampung Selatan.

Bupati Lamsel H Nanang Ermanto mengatakan, sudah selayaknya kalau kita mengapresiasi karya seni anak bangsa. “Ini seperti yang dilakukan founding father bangsa Ir Soekarno. Kita harus menghargai seniman yang berkarya menghasilkan karya seni,” ujarnya.

Menurut Salvator Yen Joenaedhy, yang tampil sebagai dewan juri dalam kegiatan itu, Kabupaten Lampung Selatan, khususnya, Kalianda dan Sidomulyo memiliki potensi seni yang layak diperhatikan dan dibina sehingga bisa berkembang menjadi daerah yang diperhitungkan.

Lebih lanjut, Yen Joenaedhy memaparkan, di Sidomulyo, terdapat dua kantung kesenian, yaitu Sanggar Omah Gedhek dan Siring Jaha. Bahkan di Siringjaha kepala desanya memprakarsai, mensponsori berdirinya sanggar berkesenian "Jaha Budaya".

“Kades menyerahkan sebuah gedung milik desa untuk dikelola Estiwibowo sebagai koordinator yang bisa dimanfaatkan para remaja untuk belajar kesenian, antara lain; teater, lukis dan lainnya. Ini bisa jadi contoh dan diteladani desa-desa lain. Apalagi pelatihan-pelatihan kesenian bisa didapatkan dengan gratis,” pungkas Yen Joenaedhy mengunci perbincangan.(**)

Laporan/Editor: Agus Setyawan

Berikan Komentar