Kosti Pringsewu Ngonthel Bareng dan Resmikan Padepokan

Bupati Sujadi memberikan cindera mata kepada sejumlah onthelis tertua. Foto. Lis.

MOMENTUM, Pringsewu--Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kabupaten Pringsewu menggelar Ngonthel Bareng mengelilingi Kota Pringsewu berjarak tujuh kilometer, Ahad(30/8/2020). 

Diikuti 500-an onthelis dari berbagai komunitas sepeda di Kabupaten Pringsewu dan sejumlah kabupaten/kota lainnya. Kegiatan itu untuk memperingati hari jadi ke-7 tahun KOSTI sekaligus HUT ke-75 RI.

Bupati Pringsewu Sujadi yang melepas kegiatan Ngontel Bareng, star-finish di halaman Pendopo Pringsewu. Sekaligus peresmian Padepokan Kosti Kabupaten Pringsewu di Jalan Pringgodani No.40 Pringkumpul.

Sujadi mengajak seluruh onthelis untuk kompak dan bersatu menjaga persatuan, meskipun berbeda latar belakang. "Saya merasakan Kosti  sarana yang tepat untuk menjalin persaudaraan," ujarnya.

Selain itu, dia mengingatkan, karena masih ada pandemi Covid-19, masyarakat diminta disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan agar wabah Corona segera berlalu.

Sementara Ketua Kosti Kabupaten Pringsewu Donny Haryanto mengatakan saat ini sedikitnya ada 27 komunitas sepeda onthel yang bergabung dalam Kosti Pringsewu. 

"Anggota Kosti ini bukan hanya dari Kabupaten Pringsewu, namun juga dari kabupaten tetangga, terutama yang belum ada kepengurusan Kosti-nya," ujarnya.

Donny menuturkan, sepeda tua merupakan saksi sejarah dari perjuangan bangsa Indonesia, karena itu keberadaannya harus dirawat dan dilestarikan.

Dia meminta seluruh anggota komunitas sepeda onthel yang tergabung di Kosti Kabupaten Pringsewu agar selalu menjaga keguyuban dan kerukunan. 

"Termasuk, pada saat pandemi Covid-19 saat ini, agar senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, serta mematuhi protokol kesehatan," harapnya. (*).

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.

Berikan Komentar