IKBI PTPN VII Sosialisakan World Cleanup Day Melalui Senam

Tanggal 13 Sep 2020 - Laporan - 850 Views
IKBI PTPN VII. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII menggelar senam kesegaran jasmani (SKJ) untuk mempererat silaturahmi dan menyosialisakan World Cleanup Day (WCDI) 2020 atau aksi bersih-besih sampah.

Kegiatan yang digelar di halaman GSG PTPN VII, Ahad (13-9-2020), itu diikuti Ketua IKBI Pusat PTPN VII Ny. Enny Arum Doni P. Gandamihardja, wakil ketua Ny. Sonya Fauzi Omar, Ny. Rosalinda Dicky Tjahyono, Ny. Pamiyati Okta Kurniawan dan jajaran pengurus.

Ny. Enny Arum mengatakan kegiatan senam pagi direncanakan dilaksanakan setiap minggu. Selain mempererat silaturahmi pengurus IKBI, kegiatan ini juga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Apalagi pada masa pandemi virus Corona, kita diharuskan menjaga imun tubuh agar tetap sehat, salah satunya dengan berolahraga, katanya.

Dengan kegiatan senam ini diharapkan ibu-ibu pengurus dan anggota jadi lebih sering bersilaturahmi, namun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Usai senam bersama, Ny. Enny Arum juga mengimbau pengurus IKBI untuk memperhatikan kesehatan keluarga. Terutama memberikan dukungan pada para suami, agar terus bersemangat bekerja di masa pandemi ini.

Ia juga menjelaskan mengenai WCDI atau aksi besih-bersih dan pilah sampah di rumah, dilaksanakan mulai pada 13 - 19 September 2020. Diikuti seluruh IKBI Holding PTPN Perkebunan  termasuk PTPN VII.

Sampah di rumah dipilah menjadi beberapa item: Sampah organik dan sampah nonorganik. Seperti sampah plastik, kertas, besi dan sampah organik.

Sampah sampah ini setiap hari dipisahkan, lalu ditimbang jenis beratnya, dan hasil timbangan berat jenis sampah ditulis pada form yang sudah disediakan.

Untuk sampah organik bisa diolah sendiri, dengan ditanam atau dimasukkan ke dalam lubang lubang biopori. Sedangkan sampah nonorganik dikumpulkan dan disetor ke bank sampah.

Kegiatan ini, jelas Enny, sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 2018. Gerakan bersih bersih sampah oleh relawan dan masyarakat. Namun, tahun ini dikarenakan pandemi covid 19, kegiatan dirubah dengan gerakan pilah sampah di rumah.

Diharapkan, partisipasi ibu- ibu dalam kegiatan WCDI, yang akan mendapatkan edukasi pentingnya memilah sampah rumah tangga. 

Ibu - ibu dapat  melakukan pemilihan sampah dari rumah, dan tentunya meningkatkan jumlah sampah terpilah, sehingga memudahkan para petugas sampah dalam pengolahan ke fasilitas pengolahan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terlibat dalam WDCI dan menoreh sejarah dengan menjadi negara pemimpin cleanup terbesar di dunia selama dua tahun berturut-turut.

Sehubungan  dengan  kondisi  pandemi  Covid 19, pelaksanaan  World Cleanup Day 2020 beradaptasi dengan kondisi yang ada sehingga WCDI 2020 mengadakan dua kegiatan yang pertama aksi cleanup dilingkungan dan pilah sampah rumah pada tanggal 13-19 September  2020.

Dan kegiatan kedua yaitu pengumpulan sampah ke fasilitas pengolahan sampah pada 19 September 2020. (*).

Laporan/Editor: Nurjanah.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pesepakbola Putri Lampung Dipanggil ke Timnas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nabila Syisilia Divany pemain sepak bola ...


KONI Pringsewu akan Gelar Porkab Antardesa da ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesi ...


Persiapan PON, IPSI Lampung Agendakan Dua Kal ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (I ...


Ribuan Pelari Ikuti Water Day Run 2024 ...

MOMENTUN, Bandarlampung-- Ribuan pelari dari berbagai provinsi me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com