Dinkes Tuba Imbau Warga Gunakan Masker Kain

Tanggal 20 Sep 2020 - Laporan - 873 Views
Masker kain lebih efektfi cegah virus. Foto:ist

MOMENTUM, Menggala--Kasus positif covid-19 masih terus terjadi di Provinsi Lampung. Termasuk di Kabupaten Tulangbawang (Tuba). Untuk memutus mata rantai penularan berbahaya tersebut, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Perlu peran aktif seluruh elemen masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Terkait hal tersebut, Pemkab Tulangbawang mengajak seluruh elemen di kabupaten setempat meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

"Jangan pernah kendor menerapkan protokok kesehatan: pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun dan selalu jaga jarak fisik. Itu cara paling efektif untuk memutus mata rantai penularan covid-19," Sekretaris Dinas Kesehatan Tuba Lasmimi mewakili kepada dinas Fatoni, Minggu (30-9-2020).

Dia juga memberikan arahan kepada masyarakat untuk menggunakan masker berbahan kain katun tiga lapis atau masker bedah. Kedua jenis masker tersebut lebih efektif untuk mencegah penularan virus corona, dibandi masker jenis scuba dan buff. 

"Saya tidak melarang masyarakat mengunakan masker scuba dan buff, tetapi lebih baik mengunakan masker berbahan kain katun tiga lapis atau masker bedah yang lebih efektif untuk  pencegahan virus masuk ke tubuh," terangnya.

Menurut dia, masker kain dengan bahan lentur seperti scuba karena pori-pori kainya lebih longgar dibanding bahan kain katun tiga lapis.

"Por-pori kain yang longgar itu dikhawatirkan bisa menjadi celah masuknya virus ke dalam tubuh. Karena itu, kita menyarankan warga untuk menggunakan masker berbahan kain tiga lapis," jelasnya. (**)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com