Barikade Gus Dur Lampung Berbagi Tips Cegah Covid-19

Rombongan pengurus DPW Barikade Gus Dur Provinsi Lampung bersama Mantan Ibu Negara, Hj. Shinta Nuriyah Wahid.//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Merebaknya Corona Virus Disease (Covid-19) menimbulkan keprihatinan banyak pihak.

Virus yang telah menyerang ratusan ribu orang di berbagai negara dan menelan ribuan korban jiwa itu pun telah masuk ke hampir semua wilayah. Termasuk Lampung.

Untuk meminimalisir penyebarannya, Dewan Pengurus Wilayah Barisan Kader Gus Dur (Barikade Gus Dur) Provinsi Lampung pun memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi virus yang berasal dari Cina itu.

Ketua DPW Barikade Gus Dur Provinsi Lampung M. Irfandi Romas menyebutkan, setidaknya ada lima langkah yang bisa dilakukan agar tidak terinfeksi virus corona. Lankah itu pun dirangkumnya dari beberapa sumber yang kompeten.

Pertama, mencuci tangan dengan benar. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

“Selain itu, anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen agar lebih efektif membasmi kuman atau bakteri,” jelasnya pada Harianmomentum.com, Senin (19-10-2020).

Kedua, menggunakan masker. Ada dua tipe masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara.

“Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus corona,” terangnya. 

Ketiga, menjaga daya tahan tubuh. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

“Selain itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup,” sebutnya.

Keempat, menghindari aktivitas di keramaian. Sementara waktu hindari untuk berpergian dan beraktivitas di pusat-pusat keramaian bila tidak terlalu penting, seperti di pusat perbelanjaan, area transportasi publik, pasar, dan lainnya.

Kelima yang tak kalah penting adalah berdoa agar selalu mendapat perlindungan dari tuhan.

“Senantiasa beribadah dan berdoa sesuai agama masing-masing agar senantiasa mendapat kesehatan dan perlindungan dari segala jenis penyakit termasuk dari virus corona,” serunya.

Sekretaris DPW Barikade Gus Dur Provinsi Lampung, Harry Sukoco menambahkan, bahwa sebaiknya masyarakat juga senantiasa menjaga jarak aman minimal satu meter dan menghindari kerumunan maksimal lima orang atau lebih.

Dia pun menuturkan, selama pandemi DPW Barikade Gus Dur Provinsi Lampung mengurangi aktivitas kegiatan organisasi yang bersifat mengumpulkan orang banyak dan lebih kepada melakukan kegiatan - kegiatan yang membantu dalam penanganan Covid-19.

“Seperti mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat dan lainnya,” ujarnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Berikan Komentar