Hasil Rapid Tes Atlet PON Lampung Nonreaktif

Altlet PON Lampung menjalani rapid tes covid-19

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Yusuf S Barusman bisa bernafas lega. Hasil rapid tes covid-19 terhadap seluruh atlet yang sedang mengikuti pemusatan latihan Pekan Olahraga Nasional tahun 2021 mendatang, nonreaktif.

“Saya puas, dari seratus atlet dan pelatih yang dirapid tes, semua hasilnya nonreaktif," kata Barusman, Selasa (20-10-2020).

Dengan hasil tersebut, lanjut dia, program pemusatan latihan dapat berjalan optimal meski di tengah situasi pandemi covid-19.

"Seluruh kontingen yang dipersiapkan  untuk berangkat ke PON Papua wajib mematuhi aturan protokol kesehatan. Tidak ada tawar-menawar, agar semua program berjalan optimal dan aman dari covid-19," tegasnya.

Pengecualian bagi atlet, untuk tidak mengenakan masker, hanya berlaku saat latihan. Itu pun karena alasan teknis.

 “Ya kalau sedang latihan fisik, tentu dipersilahkan melepas masker, tetapi juga harus menjaga jarak sedemikian rupa, sehingga syaratnya terpenuhi. Lalu setelah itu, jangan menunda untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan memggunakan handsanitaizer. Setelah sampai rumah cepat berganti baju dan mandi, baru melakukan kegiatan lain,” imbaunya.

Terkait rencana, rapid tes lanjutan, menurut dia, akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. "Kita lihat saja nanti,” ujarnya. (**)

Laporan/Editor: Munizar

Berikan Komentar