Hari Sumpah Pemuda, Pramuka Lamsel Apel Siaga Peduli Bencana

Tanggal 28 Okt 2020 - Laporan - 1947 Views
Pjs Bupati Lamsel, Sulpakar, serahkan APD kepada anggota Pramuka. Foto. Alp.

MOMENTUM, Kalianda--Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan (Lamsel) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman sekretariat kwarcab setempat, Rabu (28-10-2020).

Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Lamsel tersebut, sekaligus Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana Kwarab Gerakan Pramuka Lamsel.

Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lamsel, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemkab Lamsel.

Pemimpin upacara, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lamsel, Sulpakar, mengtakan, peringatan hari Sumpah Pemuda harus dijadikan semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.

Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini. 

"Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu “Semangat Bersatu dan Bangkit”. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif," ujar Sulpakar.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatangan kesepakatan antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamsel dan Kwarcab Gerakan Pramuka Lamsel mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam.

Sulpakar juga memberikan alat pelindung diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lamsel.

Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.

Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.

"Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya," tandasnya. (*)

Laporan: Alpandi.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yayasan Alfian Husin Bagikan 100 Nasi Kotak k ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Setelah membagikan 100 nasi kotak se ...


Gandeng Gramedia dan FLL, Fakultas Adab UIN G ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Untuk meningkatkan pemahaman akan penti ...


Cegah Kekerasan Seksual, PSGA UIN Raden Intan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lemb ...


Dosen UIN Raden Intan Lampung Syiar Ramadan d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dosen Fakultas Syariah Universitas Islam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com