Sengketa Lahan PT HIM, Pemkab Tubaba Fasilitasi Penyelesaian

Tanggal 19 Jan 2021 - Laporan - 691 Views
Musyawarah penyelesaian sengketa lahan PT HIM, yang difasilitasi Pemkab Tubaba

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terus berupaya memfasilitasi penyelesaian sengketa lahan hak guna usaha (HGU) PT Huma Indah Mekar (HIM) dengan masyarakat Tiyuh/Desa Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Terkait hal tersebut, Pemkab Tubaba mempertemukan perwakilan pihak-pihak yang bersengketa untuk bermusyawarah mencari jalan keluar permasalahan tersebut.

Musyawarah yang dihadiri Bupati Tubab Umar Ahmad dan Kapolrs Tulangbawang AKBP.Andi P itu berlangsung di aula pertemuan Hotel Brugo Cottage, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Selasa (19-1-2021).  

"Hari ini kita (Pemkab Tubaba) memfasilitasi penyelesaian sengketa lahan HGU PT HIM dengan wargar Penumangan. Mudah-mudahan bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah," kata Bupati Umar Ahmad.

Hal senada disampaikan Kapolres Tulangbawang AKBP Andi P. Menuru dia, pihak PT HIM  dapat melakukan Koordinasi dengan pihak polres, pengadilan, kejaksaan dan pemkab agar terjalin komunikasi untuk penyelesaian terkait sengketa lahan tersebut.

"Pihak PT HIM dalam proses hukum sudah dilakukan, tetapi ada hal-hal yang di luar hukum perdata, terkait lahan tersebut perlu adanya komukasi terhadap masyarakat yang mengklaim hak lahan tersebut," kata kapolres.

Perwakilan PT HIM mengatakan, selama ini pihaknya tetap melaksanakan kewajiban, seperti pembayaran PBB pada tahun 2019 sebesar Rp1.090 miliar dan Rp1.130 miliar pada tahun 2020.

Menurut dia, luas lahan yang  menjadi obyek sengketa dengan warga Tiyuh Penumangan yang mengatasnamakan tim 13, mencapai 150 hektare. (**)

Laporan: Solihin

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Walikota Metro Apresiasi Disiplin Pegawai ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi mengapresiasi kedisiplinan ...


Hari Pertama Kerja, Kehadiran Pegawai di Lams ...

MOMENTUM, Kalianda--Tingkat kehadiran aparatur sipil negara di li ...


Tantangan Pembangunan Kian Kompleks, ASN Prin ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Pringse ...


Tak Ada yang WFH, Pemprov Pastikan Pelayanan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com