Covid-19, Dinkes Metro Vaksinasi 94 Tenaga Medis

Tanggal 21 Jan 2021 - Laporan - 759 Views
ilustrasi Covid-19.

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan berencana melakukan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) perdana pada Senin (25-1-2021).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Redho Akbar mengatakan vaksinasi perdana tersebut akan dilakukan terhadap 94 orang tenaga medis.

"Vaksinasi sudah kami terima dari Pemprov Lampung. Rencananya pemberian vaksinasi dilakukan Senin 25 Januari besok. Peserta perdana untuk tenaga medis terlebih dahulu," kata Redho pada harianmomentum.com, Kamis (21-1).

Dijelaskannya, pemberian vaksinasi terhadap tenaga medis tersebut rencananya akan dilakukan di RSUD Ahmad Yani. Pelaksanaannya, dia menambahkan, dilakukan selama dua jam dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Vaksinasinya di RSUD Ahmad Yani. Maksimal 25-30 orang yang akan divaksin. Selanjutnya, vaksinasi dapat dilakukan di pelayanan kesehatan yang lain, seperti yang sudah daftar sebelumnya," ujarnya.

Selain 94 tenaga kesehatan, sebanyak 10 pejabat publik juga turut serta dalam pemberian vaksinasi pertama tersebut.

"Persyaratan utama yaitu rentan usia tidak boleh lebih dari 59 tahun. Kita ketahui juga untuk pak Wali dan wakil kan usianya sudah lebih dari 60 tahun, itu tidak memenuhi persyaratan. Jadi mereka tidak wajib," imbuhnya.

Sebelumnya, Redho melanjutkan, pihaknya telah melakukan pelatihan selama tiga hari sebelumnya terkait pemberian vaksinasi.

"Kemarin ada pelatihan vaksinasi yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi. Untuk Metro sendiri merupakan angkatan ke enam. Peserta pelatihan vaksinator nantinya menerima sertifikat dari Kemenkes RI. Untuk pesertanya yang terdiri dari satu dokter, dua bidan, dan dua perawat.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak takut di vaksin. Karena menurutnya, vaksinasi yang diberikan memiliki uji klinis yang sudah diakui.

Diketahui, Kota Metro telah mendapatkan jatah vaksin Sinovac sebanyak 2.286 vaksin.(**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com