Sambangi Kemendag, Bupati Pesawaran Paparkan Program Pemulihan Ekonomi

Tanggal 22 Jan 2021 - Laporan - 1167 Views
Bupati Pesawaran didampingi Kadis Perdagangan saat berkunjung ke Kementerian Perdagangan Republik Indonesia./ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemulihan ekonomi di tengah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) menjadi salah satu program prioritas yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran.


Hal itu terungkap saat Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menyampaikan program tersebut kepada Direktorat Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia.

 

Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Pesawaran, Sam Herman mengatakan salah satu program prioritas kabupaten setempat antara lain pasar maritim yang rencananya akan di bangun di Pulau Legundi, Kecamatan Punduhpidada.

 

"Iya program tersebut sedang digodok oleh kementerian, karena di dalamnya juga terdapat kewenangan dari kementerian kelautan dan perikanan juga, karena pasar ini berada di tengah pulau, maka dari itu kami berharap pemerintah pusat dapat memberikan bantuan alokasi anggaran untuk pembangunan tersebut," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (22-1-2021).

 

Saat ini, lanjutnya, Pemkab Pesawaran tengah menyiapkan proposal pendukung untuk program tersebut, seperti jumlah pedagang yang akan terlibat yang nantinya akan dikirim melalui sistem online. 

 

"Intinya pemerintah pusat mendukung program ini, tinggal bagaimana kami (Pemkab) meyakinkan pemerintah pusat, kalau untuk lahan kita sudah upayakan, karena ini untuk masyarakat desa maka kami meminta pemerintah desa untuk menyiapkannya," katanya.

 

Selain itu, lanjutnya, Bupati Pesawaran juga meminta agar kementerian Perdagangan dapat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Pesawaran untuk pemasaran produk yang dimiliki. 

 

"Kementerian Perdagangan kan memiliki Web resmi UMKM Go Online, yang memang dikhususkan untuk memasarkan produk UMKM berbasis online, dan ini kami meminta agar produk asal Pesawaran dapat dibantu juga untuk pemasarannya, sehingga bisa sampai ke luar daerah atau mungkin bisa sampai luar negeri," ujar dia.

 

"Jadi intinya, kami datang ke kementerian ini dalam rangka pemulihan ekonomi para pelaku usaha kita yang mengalami penurunan selama pandemi Covid-19 yang melanda kita," katanya.(**)

 

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com