Operasi Yustisi, Petugas Tindak 197 Pelanggar Protokol Kesehatan

Tanggal 25 Jan 2021 - Laporan - 516 Views
Operasi Yustisi di Kotaagung.

MOMENTUM, Kotaagung--Tim gabungan Polres Tanggamus, TNI, Satpol PP dan Dishub melaksanakan operasi yustisi di Kecamatan Kotaagung, Senin (25-1-2021).

Operasi yang dipimpin Kabag Operasi Polres Tanggamus Kompol Bunyamin, bersama Kabid Trantibum Satpol PP Tanggamus Ahmad Isnaini, melakukan razian di empat lokasi. Yakni di simpang jalur dua Islamic Center, Pasar Kotaagung, TPI dan Pelabuhan Kotaagung.

"Dalam operasi itu, petugas menindak 197 orang karena melanggar protokol kesehatan," ujar Isnaini. Hukumannya berapa tugas tertulis, melakukan push up, dan mengucapkan lima sila Pancasila.

Disebutkan, pelanggarannya berbeda-beda. Sebanyak 65 orang tidak memakai masker. "Mereka ditindak dengan teguran tertulis dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi," katanya.

Sementara ada 120 warga yang ditegus secara lisan karena tidak benar cara memakai masker. Selanjutnya, 12 orang dihukum push up dan mengucapkan pancasila.

Pada saat bersamaan, petugas menyosialisasikan penegakan peraturan daerah (perda) mulai Februari 2021. "Nanti tidak ada toleransi lagi terhadap pelanggar protokol kesehatan. Sanksi yang dikenakan sesuai dengan perda," katanya.

Karena itu, Isnaini mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Warga diminta disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. "Semoga pandemi segera berakhir dan semua bisa hidup normal kembali," tandasnya.

Di tempat sama, Bunyamin mengatakan aparat TNI, Polri, dan Dinas Perhbungan hanya membackup operasi yustitisi yang dilaksanakan Satpol PP. "Aparat yang terlibat dalam operasi yustisi sebanyak 45 orang," katanya. (*)

Laporan: Galih/Ijal.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com