Wabup Fauzi Harapkan TPS3R Bantu Tingkat Ekonomi dan Atasi Masalah Sampah

Tanggal 26 Jan 2021 - Laporan - 477 Views
Wakil Bupati Fauzi meninjau bangunan TPS3R yang ada di Kelurahan Pringsewu Utara.

MOMENTUM, Pringsewu--Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) diharapkan dapat mengatasi persoalan sampah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat meninjau TPS3R di Kelurahan Pringsewu Utara, Kecamatan Pringsewu, Selasa (26-1-2021). 

Menurut Fauzi, pembangunan TPS3R bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas infrastruktur dengan skala kawasan. Sehingga dapat menyelesaikan permasalah kawasan kumuh secara menyeluruh di wilayah perkotaan.

Karena itu, ada tiga lokasi TPS3R di Kecamatan Pringsewu. Yaitu, di Kelurahan Pringsewu Barat, Pringsewu Selatan dan Kelurahan Pringsewu Utara. "Peningkatkan kualitas pemukiman ini harus ditangani secara profesional agar hasilnya maksimal," katanya.

Selain itu, Fauzi meminta tenaga operator pengolahan sampah tersebut menggunakan warga sekitar lokasi. Selain memberikan lapangan pekerjaan, diharapkan juga membantu perekonomian warta setempat.

Dia berpesan, bangunan dan mesin pengolahan sampah senilai Rp11,5 miliar tersebut dirawat dengan baik agar awet. "Jaga kebersihan. Kendati mengolah sampah, harus tetap bersih. Jangan sampai menebarkan bau busuk yang dapat mengganggu lingkungan," pesannya.

Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR Pringsewu diminta membantu fasilitas yang dibutuhkan TPS3R. "Intinya, sering-sering ditinjau dan difasilitasi kebutuhannya," pintanya.

Terpisah, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Hendrie menjelaskan, Pemkab Pringsewu melalui APBD 2021 memberikan bantuan operasional listrik, bahan bakar dan tambahan peralatan, juga alat timbang sampah dan mesin jahit karung dan lainnya. 

"Selain itu, para petugas pengelola TPS3R juga akan diberikan insentif," jelas Hendrie. (*)

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dewan Pers Sebut Komite Publisher Rights Baka ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam waktu enam bulan terhitung sejak d ...


Perpres Publisher Rights Diterbitkan untuk Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kementerian Komunikasi dan Informatika R ...


PWI Lampung Matangkan Persiapan Diskusi dan B ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lam ...


Angkutan Lebaran 2024, ASDP Bakauheni Siapkan ...

MOMENTUM, Bakauheni--PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com