Dapat Bantuan Alsintan, Nanang Harap Ketahanan Pangan di Lamsel Makin Kuat

Tanggal 31 Jan 2021 - Laporan - 560 Views
Bupati Nanang Ermanto mendampingi Ketua Komisi IV DPR RI Sudin melihat traktor bantuan untuk masyarakat tani di Lamsel.

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menerima bantuan 19 unit alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI).

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Aula sebuku, Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto, Minggu (31-1-2021).

Bantuan itu diserahkan secara langsung oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, didampingi Bupati H Nanang Ermanto, kepada perwakilan Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) terpilih.

Bupati Nanang mengucapkan terima kasih atas bantuan alsintan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat.

Dengan diberikannya bantuan itu, diharapkan dapat lebih memudahkan gapoktan dalam mengelola pertanian serta dalam menanggulangi ketahanan pangan di Lamsel.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan mewakili masyarakat Lamsel, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, dengan bantuan ini, insya Allah dapat menanggulangi ketahanan pangan di Lamsel,” ujarnya.

Nanang juga berharap dengan diberikannya bantuan ini, Gapoktan dapat lebih tangguh serta mandiri dalam memajukan pertanian di Lamsel.

“Saya harap gapoktan mempunyai suatu kemandirian, setelah pemerintah melalui pak sudin memberikan bantuan kepada kita (Gapoktan ; red), kelompok tani saya harap mempunyai konsep yang jelas, kemandirian,” harapnya.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mengatakan bantuan alsintan itu, diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di Lamsel.

Maka dari itu, Sudin meminta agar alat tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga kelak dapat membuahkan hasil pertanian yang maksimal.

“Alat ini dibagi dengan cuma-cuma, tapi tolong dijaga dengan baik, kalau jaman dahulu pakai manual mungkin butuh tenaga kerja bisa seminggu, tapi kalau menggunakan Combine, satu hektare dua jam selesai,” ungkapnya.

Berikut yang menerima bantuan alsintan, yakni Kecamatan Natar, Kalianda, Sidomulyo, Waypanji, Penengahan dan Sragi.

Rinciannya, lima unit traktor roda empat, tiga unit traktor roda dua, dua unit Combine Harvester, satu unit power thresher mobile, tiga unit Cultivator, serta tujuh unit pompa air (alkon).(**)

Laporan: Endri/Alpandi

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


Polsek Lambukibang Berbagi Takjil untuk Perer ...

MOMENTUM, Lambukibang--Bulan Ramadan menjadi ajang untuk berbagi ...


Asek THR ASN-THLS Pemkab Lampung Selatan Cair ...

MOMENTUM, Kalianda--Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) m ...


Media Diajak Kawal Pembangunan di Pesibar ...

MOMENTUM, Krui--Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com