Yusdianto Dorong Kaum Muda Aktif di Politik

Tanggal 07 Sep 2017 - Laporan - 891 Views
Ketua DPW PSI Lampung Beni Arifin memberikan cinderamata kepada Yusdianto sebagai narasumber. Foto: Agung Chandra Widi

Harianmomentum--Para pemuda harus dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara. Kehadiran kaum muda, diharapkan mampu memberikan suatu energi baru didalam kepemerintahan, khususnya di wilayah Lampung.

Hal itu diungkapkan oleh Yusdianto, pengamat politik dan hukum Universitas Lampung (Unila) saat mengisi acara ngobrol penuh inspirasi (Ngopi) bertajuk “Peran pemuda dalam dunia politik” di Sekretariat DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Lampung, Rabu (6/9) malam.

“Kehadiran pemuda akan menciptakan semangat berpolitik yang santun. Karena, mereka memiliki karakter idealisme yang dapat memberikan kontrol terhadap suatu kebijakan-kebijakan yang ada,” kata Yusdianto.

Menurutnya, para pemuda harus dapat mengkritisi setiap permasalahan-permasalahan yang ada, begitupun dengan setiap regulasi yang digagas oleh legislatif harus dapat dicermati, teteapi dalam hal ini tidak ada partisipasi dari golongan muda.

Namun, disayangkan bahwa hingga saat ini peran aktif para pemuda dalam ranah perpolitikan masih dipandang sebelah mata oleh para politikus senior yang telah lebih dulu terjun dibidangnya.

“Contoh, didalam legislatif saat ini, pintu kebijakan para pemuda hanyalah sebagai penonton saja. Maka kita sampaikan kepada para Politisi tua agar jangan dihambat setiap pergerakan Politik kaum muda ini, karna ini saatnya mereka untuk belajar dan memberikan suatu pembaharuan,” tutur dosen Fakultas Hukum Unila ini. 

Ia menjelaskan bahwa kehadiran PSI yang mayoritas anggotanya kaum muda, diharapkan mampu membuang sisi pandang buruk terhadap para pemuda yang ingin terjun di dunia Politik. Sehingga mainset para pemuda yang salah dalam mengartikan politik juga dapat terbenahi.

Terkait bagaimana perubahan idealisme para pemuda yang akan terjadi saat mereka terjun ke Partai Politik (Parpol), Yusdianto mengatakan tinggal tergantung pola pikirnya saja.

“Jika seorang pemuda ingin turut serta membenahi setiap problem kepemerintahan yang ada, mereka harus berpolitik,” tandasnya.

Senada dengan Yusdianto, Sekretaris DPW PSI Lampung, Febrianda. Menurutnya Politik itu bukan sesuatu yang harus jauhi dan diabaikan, karena sesungguhnya banyak manfaatnya dan banyak pula hal yang positif didalamnya.

“Sangat disayangkan sekali bila seorang pemuda tidak ikut serta dalam berpolitik. Karna memeang berdasarkan sejarah yang ada, banyak tokoh-tokoh perjuangan yang berasal dari kaum muda,” pungkasnya. 

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan anak muda dari beberapa daerah di Lampung, dalam diskusi tersebut para peserta tampak antusias mengikuti jalannya diskusi.

 

Kegiatan semacam ini akan rutin dilakukan oleh Teman Solidaritas yang merupakan organisasi sayap PSI. Diakhir acara, ketua DPW  PSI Beni Arifin memberikan cinderamata berupa ucapan terimakasih kepada Yusdianto atas kesediaannya menjadi narasumber acara.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KPU Tanggamus Buka Pendaftaran Calon PPK ...

MOMENTUM, Tanggamus--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus membuk ...


Nyalon Bupati, Mantan Pj Bupati Pringsewu Amb ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Berangkat dari pengalaman menjadi Penjabat ...


Jemput Kemenangan Pilkada 2024, Golkar Lampun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menyiapkan strategi, sumber daya manusia ...


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com