KPU Lamsel Tetapkan Nanang-Pandu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Tanggal 18 Feb 2021 - Laporan - 552 Views
Nanang Ermanto menerima salinan surat keputusan KPU Lamsel tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada tahun 2020

MOMENTUM, Kalianda--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menetapkan pasangan  Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pilkada serentak tahun 2020.

Penetapan tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Negeri Baru Hotel & Resort, Kalianda, Kamis (18-2-2021).

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak itu  dihadiri Ketua KPU Provinsi Lampung Titik Sutriningsih dan anggota Bawaslu Lamsel.

Ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak mengatakan, penetapan itu sebagai tindak lanjut surat KPU RI Nomor: 152/PY.02.1-SD/03/KPU/II/2021 tanggal 11 Februari 2021 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pasca Putusan Dismissal/Ketetapan.

Kemudian menindaklanjuti surat Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Nomor: 18.47/PAN.MK/PSPK/02/2021 dan Nomor 19.61/PAN.MK/PSPK/02/2021 tanggal 15 Februari 2021 perihal Penyampaian Salinan Ketetapan.

“Penetapan ini berdasarkan hasil keputusan MK yang menolak gugatan dua perkara perselisihan hasil pemilihan yang diajukan Pemohon. Sehingga hari ini kita melakukan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan Terpilih berdasarkan hasil rekapitulasi yang sudah dilakukan pada rapat pleno sebelumnya,” kata Ansurasta.

Penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Lamsel Terpilih tersebut, tertuang dalam Berita Acara KPU Lamsel Nomor: 03/PL.02.7.BA/1801/KPU-Kab/II/2021 tanggal 18 Februari 2021.

“Kita sudah menyampaikan salinan keputusan kepada DPRD. Kemudian nanti DPRD akan menindaklanjutinya untuk disampaikan ke gubernur, dan dari gubernur akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri berkaitan dengan pelantikan,” terangnya.

Diketahui, berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pilkada Lampung Selatan, pasangan Nanang-Pandu unggul dengan perolehan 159.987 suara. Pasangan Nanang-Pandu diusung koalisi partai politik: PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, dan Perindo.

Calon Bupati Lamsel terpilih Nanang Ermanto mengatakan, sangat bersyukur dengan penetapan tersebut.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan aman, damai dan kondusif. Kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan,” kata Nanang didampingiPandu Kesuma Dewangsa.

Dia mengajak, seluruh elemen masyarakat Lamsel kembali bersatu untuk melanjutkan program pembangunan. 

“Sekarang tidak ada lagi lawan atau kompetisi. Semua masyarakat Lampung Selatan adalah saudara. Mari kita bersama-sama membangun untuk Kabupaten Lampung Selatan yang lebih baik lagi,” ajaknya.(**) 

Laporan: Alpandi

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


Kostiana Siap Ikut Penjaringan Calon Walikota ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD ...


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com