Aparat Penegak Hukum di Lamsel Deklarasi Zona Integritas WBK

Tanggal 22 Feb 2021 - Laporan - 509 Views
ilustrasi/ist

MOMENTUM, Kalianda--Aparat Penegah Hukum di Kabupaten Lampung Selatan mendeklarasikan Janji Kerja tahun 2021 dan Pencanangan Zona Integritas menuju Wilaya Bebas dari Korusi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih  Melayani (WBBM).

Deklarasi berlangsung di Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda, Senin (22-2-2021).

Perwakilan Aparat Penegak Hukum yang terlibat dalam deklarasi tersebut berasal dari: Lapas Kelas IIA Kalianda, Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeridan Kantor Imigrasi Kelas III NonTPI, Kalianda.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Danan Purnomo mengatakan, deklarasi seluruh aparat penegak hukum tersebut merupakan yang pertama kali di Provinsi Lampung.

"Untuk Lampung ini pertama kali, di luar juga saya rasa ini pertama kali juga," katanya.

Menurut dia, selain sebagai bentuk komitmen pelaksanaan program kerja, deklarasi tersebut adalah wujud sinergitas aparat penegak hukum dalam mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

"Sinergitas ini hendaknya berlaku juga kepada UPT Kemenkumham yang ada di Lampung," harapnya. 

Pada kesempatan itu, Danan juga menyampaikan tiga komimtem utama yang harus dilakukan apara penegak hukum dalam mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM: persoalan reformasi birokrasi, pencanangan zona integritas untuk mencegah terjadinya korupsi, nepotisme dan penyalahgunaan wewenang,serta memberikan pelayanan  terbaik kepada masyarakat.

"Utamanya bukan tentang kita meminta untuk ditetapkan menjadi WBK, tetapi kita harus meningkatkan kualitas pelayanan, mereformasi Penataan Ruang Birokrasi, dan bagaimana kita menghilangkan KKN," tegasnya.

Hal senada disampikan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung Nur Rakhman Yusuf. Menurut dia, deklarasi ini tidak semata bertujuan mendapatkan predikat WBK dan WBBM. Lebih dari itu, adalah menigkatkan kualitas dan efektifitas pelayanan masyarakat. (**)

Laporan: Alpandi

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com