KPU Kabupaten/Kota akan Dievaluasi

Tanggal 22 Feb 2021 - in POLITIK - 438 Views
Ketua KPU Lampung Erwan Bustami (kiri) bersama anggotanya M Tio Aliansyah. Foto: dok

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung akan melakukAN evaluasi terhadap kinerja jajarannya di kabupaten/kota yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

"Nanti ada evaluasi secara komprehensif terkait pelaksanaan Pilkada 2020,” kata Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi Lampung, M Tio Aliansyah, Senin (22-2).

Terkait jadwal, KPU provinsi setempat belum menetapkannya. Sebab evaluasi tersebut baru bisa digelar pasca gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) di mahkamah konstitusi (MK) rampung secara keseluruhan.

Sebab, dari delapan KPU kabupaten/kota di Lampung yang menggelar Pilkada serentak di 2020, empat diantaranya terdapat sengketa hasil pemilihan di MK.

Untuk tiga wilayah: Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Bandarlampung sengketa di MK telah selesai. Namun untuk Kabupaten Pesisir Barat persidangan di MK masih berlanjut.

“Saat ini kita masih fokus menghadapi persidangan di MK. Setelah itu baru evaluasi bisa kita laksanakan," jelas Tio.

Sebelumnya, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami menjelaskan, evaluasi yang nantinya akan dilakukan terhadap jajarannya di kabupaten/kota yang Pilkada, akan menyoroti beberapa catatan penting.

Seperti tingkat partisipasi pemilih, daftar pemilih tetap (DPT) dan partisipasi masyarakat dalam seluruh tahapan pilkada.

"Misalnya DPT ini bisa dicek di lindungihakpilihmu.kpu.go.id tapi masyarakat masih enggan sehingga penyelenggara harus lebih aktif. Tapi yang menjadi catatan penting, pilkada ini sukses karena seluruh stakeholder," jelasnya, belum lama ini.

Selain itu, karena pilkada dilakukan pada saat pandemi, anggaran sosialisasi langsung banyak yang dialihkan untuk protokol kesehatan. Padahal sosialisasi secara langsung ke lapangan dinilai masih penting.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Comment

Berita Terkait


13 DPC HKTI Dukung Umar Ahmad Gantikan Bachti ...

MOMENTUM, Panaragan--Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Kerukunan ...


Kordiv SDM dan Sengketa Laporan ke Bawaslu RI ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber ...


Ketua Fraksi Nasdem Ikut Panen Semangka di Ga ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Fraksi Nasdem Dewan Perwakilan Ra ...


Pekan Depan, HKTI Lampung Gelar Musda di Tula ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com