BPBD Pesawaran Tambah Penunjuk Arah Jalur Evakuasi

Tanggal 23 Feb 2021 - Laporan - 1784 Views
ilustrasi/ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran akan menambah tanda penunjuk jalur evakuasi. Langkah itu untuk mempermudah masyarakat mengetahui lokasi evakuasi, ketika  terjadi bencana.

Kepala BPBD Pesawaran Mustari mengatakan, saat ini ada beberapa penunjuk arah jalur evakuasi, yang hilang. Karena itu, pihaknya akan mengganti dan menambah tanda penujuk arah tersebut.  

"Kalau untuk jalur evakuasi memang sudah ada, namun yang menjadi kendala, ada beberapa plang penunjuk arah yang hilang dan rusak. Karena itu, kita akan ganti yang rusak, kemudian ada penambahan juga," kata Mustari pada Harianmomentum.com, Selasa (23-2-2021).

Tanda tersebut antara lain dipasang di lokasi rawan bencana, seperti kawasan  pesisir dan kawasan dataran tinggi serta daerah bantaran sungai.

Selain jalur evakuasi, pihaknya juga telah menentukan lokasi titik kumpul ketika bencana terjadi, agar tidak terjadi kepanikan yang berlebihan. 

"Kalau untuk titik kumpul, mereka (warga) yang memutuskan. Namun nanti akan kami cek dahulu, apakah lokasi yang ditunjuk tersebut sudah sesuai standar keselamatan atau belum. Salah satunya, titik kumpul harus berada di lokasi yang cukup tinggi," terangnya.

Terkait kondisi cuaca ekstrim saat ini, pihaknya telah menyurati seluruh camat untuk diteruskan kepada seluruh kepala desa, agar selalu waspada.

"Informasi dari BMKG itu wajib diketahui dan dicari tau oleh masyarakat. Dengan mengetahui kondisi cuaca lebih dini, dapat mengantisipasi ataupun mengurangi resiko hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya. 

Beberapa desa di Kabupaten Pesawaran juga sudah  ditetapkan sebagai desa tanggap bencana. Warga di Desa Tanggap Bencana telah mendapat pelatihan terkait langkah evakuasi, antisipasi dan penanganan korban bencana. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com