Bupati Tanggamus Lantik 220 Kepala Pekon Hasil Pilkakon Serentak

Tanggal 08 Mar 2021 - Laporan - 530 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani melantik kepala pekon terpilih dalam pilakon serentak.

MOMENTUM, Kotaagung--Sebanyak 220 kepala pekon/desa yang terpilih dalam pemilihan kepala pekon (pilkakon) pada 16 Desember 2020, dilantik Bupati Tanggamus Dewi Handajani di ruang rapat sekretariat Daerah, Senin (8-3-2021).

Pelantikan kepala pekon dari 19 kecamatan itu dilakukan secara virtual. Diikuti seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus. 

Pelantikan berdasarkan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor B.82/09/08/2021 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Pekon dan Pengangkatan Kepala Pekon dalam Wilayah Kabupaten Tanggamus tahun 2021.

Pemilihan serentak yang digelar pada 16 Desember 2020, kata Dewi, diikuti 772 calon. Dengan jumlah pemilih 306.760 orang. "Alhamdulillah, pelaksanaan pilkakon berlansung aman dan kondusif. Dengan partisipasi pemilih mencapai 78 persen," katanya.

Pada kesempatan itu, Dewi meminta kepala pekon yang baru dilantik agar bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin serta melayani masyarakat.

Menurut dia, pilkakon serentak tersebut merupakan sejarah karena baru pertama di Tanggamus dan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. "Tentu, tidak mudah melaksanakan pemilihan kepala pekon serentak di tengah pandemi Covid-19," katanya. 

Mulai dari tahapan pemilihan sampai dengan pelantikan, menurut dia, banyak tantangan yang dihadapi. Namun, seluruhnya dapat dilalui dan terlaksanan dengan baik.

Dewi mengajak masyarakat bersatu dan melupakan perbedaan selama pemilihan. Setelah terpilih kepala pekon, saatnya seluruh masyarakat memberikan dukungan dan bersama-sama  membangun pekon.

Selanjutnya, Dewi berperan agar kepala pekon terpilih, merangkul seluruh masyarakat dan memerikan pelayanan terbaik tanpa membeda-bedakan. 

Kepala pekon harus bersinergi dengan jajarannya agar tercipta budaya pelayanan RATU atau Ramah, Amanah, Tegas, dan Unggul demi kemajuan Kabupaten Tanggamus.

Dia juga meminta aparat desa memajukan perekonomian pekon dengan tidak bertumpu pada anggaran dana desa. Melainkan melalui inovasi dengan mendirikan BUMDes dan usaha lain.

Turut hadir, Wakil Bupati Tanggamus, AM Syafi'i, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kerjari Tanggamus, David P Duarsa, Sekda Tanggamus, Hamid H Lubis, para asisten, kepala OPD, dan camat. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


Kuota Haji Lampung yang Tak Terisi Dialihkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sisa kuota jemaah calon haji (JCH) Lampu ...


OTD Haji Tahun Ini Disepakati Rp4,9 Juta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ongkos transit daerah (OTD) untuk jemaah ...


Musrenbang Pringsewu, Intizam: Perlu Ada Kese ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu melaksanaka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com