Panitia Pilkades Kekiling Datangi Kantor Camat Penengahan

Tanggal 06 Apr 2021 - Laporan - 620 Views
Panitia Pilkades PAW Desa Kekiling datangi kantor Camat Penengahan.

MOMENTUM, Penengahan--Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) pergantian antar waktu (PAW) Desa Kekiling, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, datangi kantor camat setempat, Senin (5-4-2021).

Didampingi dua praktisi hukum, mereka mempertanyakan kepastian pelaksanaan pilkades  di desanya.

Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Kekiling, Ibnu Hajar menceritakan permasalahan yang sedang dihadapi timnya, terutama tentang penetuan mata pilih yang prosesnya sangat alot.

"Atasan kami adalah BPD. Jadi kami diberi kewenangan untuk menentukan mata pilih. Menetukan lima orang saja tarik menariknya luar biasa. Artinya, kalau bapak (kadis PMD dan camat) mengikuti sidang itu sangat alot," kata dia.

Dalam menentukan mata pilih, ia menyakini sudah memenuhi 13 unsur yang ada dalam aturan. Agar tidak ada keraguan, apa yang harus dilakukan. Kalau harus musyawarah dusun, pihaknya siap melaksanakan. 

"Kalau harus musyawarah dusun, kami siap melaksanakan musdus. Orang-orang yang sudah keluar diajak lagi. Nanti 13 unsur itu kita hadirkan, ini ada unsur tokoh agama, ada aparatnya. Karena mata pilih ini tidak di terima ya kami kembalikan," papar dia.

Lebih rinci, Sekretaris Panitia Pilkades PAW, Budi Setiawan mengatakan telah melaksanakan proses tahapan pilkades sejak beberapa bulan lalu sehingga menguras pemikiran dan tenaga seluruh panitia dan BPD.

"Kewenangan pilkades sebenarnya, sepenuhnya hak panitia pilkades," ucap dia.

Sebagai panitia pilkades, mereka merasa sedikit dikorbankan. Pembentukan panitia, prosesnya rumit. Tetapi hingga kini belum ada kepastian kapan pilkades PAW digelar. Pemerintah kabupaten dan kecamatan harus proaktif.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas PMD Lamsel, Rohadian menyampaikan permohonan maaf atas tertundanya penyelenggaraan pilkades PAW Desa Kekiling. Dia mengaku belum sempat berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan karena ada agenda kedinasan.

"Pilkades di masa pandemi ini harus ada protokol kesehatan, persiapan panitia, artinya tidak ada unsur-unsur apa pun. Saya minta maaf kalau suatu hal negatif, mudah-mudah pilkades ini sukses",ucapnya.

Sementara Camat Penengahan, Erdiyansah mendukung pelaksanaan Pilkades PAW Kekiling. Beberapa hari lalu dia menyampaikan pihak kecamatan akan bantu perlengkap tarup.

Jadi, Pilkades PAW di Kekilingn dilaksanakan pada Rabu 7 April 2021. "Silakan panitia melaksanakan. Insya Allah terpilih pemimpin yang bisa memajukan Desa Kekiling", katanya Erdiyansah. (*) 

Laporan: Endri.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com