Di Pesibar, 4.331 Keluarga Belum Punya Rumah

Tanggal 26 Sep 2017 - Laporan - 853 Views
Foto: ilustrasi program bantuan pembangunan perumahan./Net.

Harianmomentum--Sebanyak 4.331 rumah tangga di Kabupaten Pesisir Batar (Pesibar) belum memiliki tempat tinggal. Data tersebut disampaikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) kabupaten setempat Arman Achyuni, Selasa, (26/9).

 

Arman mengatakan, berdasarkan Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) saat ini di Kabupaten Pesibar ada 32.788 keluarga. Rinciannya: 28.457 keluaraga memiliki bangunan tempat tinggal dan 4.331 keluarga belum memiliki rumah atau tempat tinggal.

 

“Rata-Rata keluarga yang belum memiliki rumah itu, tinggal menumpang dengan orang tua, menyewa atau mengontrak. Mereka yang belum memilik rumah itu didominasi rumah tangga baru (baru menikah),” kata Arman, Selasa (26/9).

 

Dia melanjutkan, untuk mengurangi jumlah keluarga yang belum memiliki rumah,  DPRKP berupaya mengajakun bantuan pembangunan rumah kepada pemerintah pusat. 

 

“Tahun 2018 ajukan bantuan pembangunan rumah kepada pemerintah pusat. Syaratnya, calon penerima bantuan memiliki lahan yang sudah bersertifikat,” terangnya.

 

 Menurut dia, saat ini kuota program bantuan pembangunan rumah baru di Provinsi Lampung mencapai 400 unit. Kabupaten Pesibar akan mengusulkan bantuan untuk pembangunan 200  unit rumah baru.

 

“Tahun ini, kita tidak dapat bantuan program tersebut tapi dapat bantuan  perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 385 unit. Tahun 2018, kuota penerima bantuan RTLH di Pesibar meningkat menjadi 600 unit,” ungkapnya. (asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


Kuota Haji Lampung yang Tak Terisi Dialihkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sisa kuota jemaah calon haji (JCH) Lampu ...


OTD Haji Tahun Ini Disepakati Rp4,9 Juta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ongkos transit daerah (OTD) untuk jemaah ...


Musrenbang Pringsewu, Intizam: Perlu Ada Kese ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu melaksanaka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com