Cegah Covid, Dinkes Pesibar Canangkan Vaksinasi Ibu Hamil 

Tanggal 24 Sep 2021 - Laporan - 2117 Views
Pencanangan vaksinasi ibu hamil di Kabupaten Pesisir Barat.

MOMEMTUM, Krui--Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), melaksanakan pencanganan vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19) bagi ibu hamil. 

Kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (24-9-2021). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pesbar A. Zulqoini Syarif, S.H., Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S. Km., Ketua TP-PKK Pesbar Hj. Septi Istiqlal., Ketua Dharmawanita Persatuan Farida Miladiyah Lingga., Perwakilan RSUD. KH. Muhammad Thohir, Forkopimda dan ibu hamil sasaran vaksinasi Covid-19. 

Wakil Bupati Pesibar A Zulqoini Syrif menyampaikan vaksinasi ibu hamil merupakan salah satu strategi penanganan Covid-19. Karena, banyak penelitian yang dilakukan telah menyatakan vaksin Covid-19 ini aman dan halal serta dapat memberikan rasa aman selama masa kehamilan hingga persalinan. 

“Pelaksanaan vaksinasi ibu hamil yang pertama dilaksanakan hari ini, dipastikan aman. Vaksinasi ibu hamil menjadi salah satu sasaran yang mendukung pencegahan Covid-19,” kata dia. 

Dijelaskannya, vaksinasi bagi ibu hamil ini telah direkomendasikan oleh komite penasehat ahli imunisasi nasional (Itagi). 

Secara umum, dapat disimpulkan bahwa vaksinasi covid-19 pada ibu hamil ini efektif dan aman untuk ibu maupun bayi yang dikandungnya terutama mencegah tertular virus Covid-19. 

“ Pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil ini dilaksanakan secara serentak di 11 kecamatan se-Kabupaten Pesibar di masing-masing puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan,” jelasnya. 

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan itu, dirinya berharap vaksinasi bagi ibu hamil itu dapat meningkatkan dukungan dan kerjasama pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. 

“Mari bersama kita sukseskan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil , demi masa depan lebih sehat dan sejahtera di bumi para sai batin dan ulama yang kita cintai ini,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kadiskes Pesibar Tedi Zadmiko, S. Km, S.H, M.M., mengatakan pelaksanaan vaksinasi ibu hamil tersbeut dilaksanakan berdasarkan surat edaran Kementerian kesehatan nomor: HK.02.01/I/2007/2021 tentang vakinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksnaan vaksinasi Covid-19. 

“Sejak Juni lalu Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah menganjurkan pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil dan menysuai, hal itu karena ibu hamil yang terpapar Covid-19 berisiko untuk melahirkan secara prematur,” kata dia. 

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil tersebut, pihaknya telah menetapkan jumlah ibu hamil sasaran sebanyak 917 orang berdasarkan data yang terhimpun hingga akhir tahun 2021 mendatang. 

“Vaksinasi ibu hamil itu menggunakan tiga jenis vaksin seperti Moderna, Mrna Pfizer dan Sinovac, pemberian dosis pertama dimulai pada trimester pertama dan dosis kedua sesuai intervensi jenis vaksin yang digunakan,” jelasnya. 

Pihaknya berharap, semua pihak bisa bersama-sama menggerakkan ibu hamil agar bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 yang bisa dilaksanakan diseluruh Puskesmas di kabupaten setempat. 

“ Pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur dan mencegah terjadinya komplikasi kehamilan lainnya akibat Covid-19,” tutupnya.(**)

Laporan: Agung Sutrisno
Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ketua Umum Buka Konkernas, Ini Program Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta--Ketua Umum (Ketum) Hendri Ch Bangun membuka Ko ...


Dewan Pers: Perlu Ada Perlindungan Hukum Bagi ...

MOMENTUM, Jakarta--Dewan Pers menilai perlu adanya perlindungan b ...


Peringati Hut Korpri, Pemkab Pesibar Potong ...

MOMENTUM, Krui--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesi ...


Jelang HUT ke 78 RI, DPRD Lambar Ikuti Rangka ...

MOMENTUM, Liwa--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten L ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com