Masyarakat Lamsel Antusias Saksikan Festival Ogoh-Ogoh di Waypanji

Tanggal 26 Mar 2017 - Laporan - 4734 Views
Festival Ogoh-Ogoh. Foto: Google

Harianmomentum--Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan memadati Lapangan Baliagung, Kecamatan Waypanji, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu (26/3).

 

Mereka antusias menyaksikan Festival Ogoh-Ogah yang diselenggarakan masyarakat Suku Bali setempat dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi tahun 2017.

Dalam kepercayaan Hindu Bali, Ogoh-Ogoh merupakan bentuk boneka atau patung Raksasa Batarakala yang menggambarkan sifat Adharma (kejahatan). 

Patung Raksasa Batarakala diarak oleh umat Hindu Bali sebagai perlambang kalahnya sifat Adharma dalam diri manusia oleh Dharma (kebaikan).

 

Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, makna lebih luas dalam penyelenggaraan Festival Ogoh-Ogoh menggambarkan toleransi antar umat beragama di kabupaten setempat. 

 

“Ini salah satu upaya pelestarian budaya sekaligus menggambarkan eratnya persatuan dan kesatuan masyarakat Lamsel yang beragam, juga kuatnya toleransi antar umat beragama,” kata Nanang.

 

Turut hadir pada perayaan festival tersebut sejumlah pejabat Pemkab Lamsel, unsur pimpinan Kecamatan Waypanji,  tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. (Bob/Mnz)

Editor: Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com