Anggota Kodim Tanggamus Gotong-royong Bersihkan Sisa Banjir dan Lonsor

Tanggal 26 Des 2021 - Laporan - 108 Views
Aparat TNI dan masyarakat gotong-royong membersihkan sisa-sisa longsor dan banjir di Tanggamus.

MOMENTUM, Cukuhbalak--Anggota Kodim 0424/Tanggamus, bersama masyarakat bergotong-royong membersihkan sisa material akibat longsor dan banjir di wilayah setempat, Minggu (26-12-2021).

Peltu Adi Yusdin, Danpos Kelumbayan Barat Koramil 424-01/Ckb mengatakan bencana tersebut terjadi Sabtu 25 Desember 2021, sekira pukul 18.00 WIB. Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai meluap sehingga mengakibatkan banjir di wilayah Kecamatan Cukuhbalak dan tanah longsor di Dusun Wonoasri Pekon Lengkukai Kecamatan Kelumbayan Barat.

"Hujan deras dari siang hingga sore hari dengan intensitas tinggi di Kecamatan Cukuhbalak, mengakibatkan sungai - sungai meluap sehingga rumah-rumah dan persawahan pada beberapa pekon/desa yang berada di bantaran tergenang air serta terkena bencana longsor," kata dia.

Lanjut Peltu Adi Yusdin, wilayah terdampak banjir di Kecamatan Cukuhbalak, Pekon Sukapadang, Pekon Kejadianlom, Pekon Kacamarga, Pekon Tanjungjati, Pekon Sukaraja, Pekon Tanjungraja, Pekon Wayrilau dan Pekon Banjarnegri.

Sementara wilayah longsor berada di Dusun Wonoasri Pekon Lengkukai Kecamatan Kelumbayan Barat dengan longsor seluas 25 meter dengan ketinggian 10 meter. "Akses jalan menuju Kecamatan Kelumbayan kini sudah dapat dilalui kendaraan roda empat (mobil), namun perlu hati-hati, karena masih keadaan licin," tuturnya.

Kini, kata dia, masih dilaksanakan siaga di Pekon Sukapadang guna mengantisipasi terjadinya bencana susulan. "Pembersihan jalan serta jembatan darurat oleh pihak, BPBD, TAGANA, TNI, POLRI dan instansi terkait dibantu masyarakat sekitar masih terus berjalan," jelas Peltu Adi Yusdin Danpos Kelumbayan Barat Koramil 424-01/Cukuh Balak.

Dia juga melanjutkan pihaknya fokus membantu masyarakat membersihkan rumah, fasilitas umum serta mengevakuasi pengungsi ke tempat yang lebih aman.(**)

Laporan: Galih/Asdijal

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum

Comment

Berita Terkait


Warga Gedongtataan Dikejutkan Getaran Gempabu ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Warga Desa Begelen dan Desa Karanganyar, ...


Jembatan Baja Dibangun, Telukpandan-Padangcer ...

MOMENTUM, Telukpandan--Setelah ambrol diterjang luapan air sungai ...


Anggota Kodim Tanggamus Gotong-royong Bersihk ...

MOMENTUM, Cukuhbalak--Anggota Kodim 0424/Tanggamus, bersama masya ...


Landa Empat Kampung, 61 Rumah Rusak Akibat An ...

MOMENTUM, Menggala--Angin puting beliung menerjang 61 rumah warga ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com