Riau Bakal Adopsi Sistem Pengelolaan BUMD di Lampung

Tanggal 10 Okt 2017 - Laporan - 879 Views
Kunjungan DPRD Riau ke Bank Lampung. Foto: Ira Widya

Harianmomentum--DPRD Riau akan merekomendasi kepada pemprov setempat untuk mengadopsi sistem pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Lampung.


Anggota Komisi III DPRD Riau, Musyafak Asikin dalam kunjungan kerjanya ke Lampung mengatakan, prestasi Gubernur Lampung Ridho Ficardo yang meraih predikat Top BUMD, mendorong pihaknya tertarik mencari informasi terkait sistem pengelolaan BUMD di Lampung.


"Seperti kita ketahui bahwa gubernur Lampung pernah dapat predikat Top BUMD, dalam pembinaan BUMD pernah dapat prestasi yang luar biasa. Makanya kita coba cari tahu kesini, pola dan sistem seperti apa yang diterapkan," ungkap Musyafak di Bank Lampung, Selasa (10/10).


Musyafak mengatakan, hasil kunjungan menunjukkan banyak kesamaan regulasi terkait BUMD yang diterapkan di Riau dan Lampung. Hanya sistem pengelolaan tergantung kepada pengelolanya sendiri.


Untuk itu, kata dia, sebagai tindak lanjut dari kunjungan ini kedepan pihaknya akan mengirimkan tim yang secara teknis akan mempelajari teknik pengelolaan BUMD di Lampung.


Pjs. Direktur Utama Bank Lampung, Syachroni mengatakan, selaku perwakilan BUMD pihaknya diminta untuk memaparkan hal teknis apa selaku BUMD yang bisa mendukung pembangunan perekonomian Lampung sesuai misinya.


Dalam paparannya, Syahroni menyampaikan inisiatif strategis dan bisnis model dengan mengoptimalkan potensi ekonomi Lampung terutama di sektor pertanian dan industri pengolahan.


"Kita sampaikan bisnis modelnya, mereka sangat antusias sekali. Secara garis besar hampir sama antara Riau dengan Lampung. Sehingga mereka minta apa yang dilakukan di Lampung bisa dilakukan disana juga. Ya kita terbuka untuk sharing," paparnya.


Sementara Kepala Biro Perekonomian, Lukmansyah berharap kedepan akan ada kerjasama antara perusahaan daerah Lampung dengan perusahaan daerah Riau.


Dia mengungkapkan, Bank Lampung merupakan salah satu BUMD yang sukses. Selain profit yang cukup besar, capaian PAD Bank Lampung sudah melebihi target.


"Pencapaian PAD Bank Lampung sampai bulan kemarin (September) sudah over target yaitu Rp 27,17 M dari targetnya Rp 27 M," pungkasnya. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


Trafik Internet Naik 12.87 Persen, Telkomsel ...

MOMENTUM, Jakarta--Telkomsel sukses mengawal momen Ramadan dan Id ...


Sensasi Lebaran di Lembah Hijau Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur lebaran Idulfitri 1445 Hijriyah ta ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com