Gorong-Gorong Ambrol, Pemukiman Warga Pulaujaya Terendam Banjir

Tanggal 25 Mei 2022 - Laporan Endri - 643 Views
Gorong-gorong ambrol yang menyebabkan banjir di pemukiman Warga Desa Pulaujaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan

MOMENTUM, Palas--Sejumlah rumah warga di Desa Pulaujaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) terendam banjir. Akses transportasi warga pada jalan utama desa tersebut, juga sempat terhambat.

Banjir yang merendam pemukiman warga dan menghambat akses transportasi di Desa Pulaujaya itu disebabkan ambrolnya gorong-gorong pada badan jalan utama desa tersebut. 

"Gorong-gorong itu sudah lama ambrol. Akibatnya saat hujan deras, air meluap ke badan jalan dan pemukiman warga," kata Kepala Desa Pulaujaya Roliyah, Rabu (25-5-2022).

Dia mengaku, sudah melaporkan kerusakan gorong-gorong itu ke pihak kecamatan. "Kita juga sudah ajukan proposal perbaikan ke Dinas PUPR Lampung Selatan, tapi sampai sekarang belum ada realisasi perbaikanya," ungkap Roliyah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, masyarakat bergotong royong menimbun gorong-gorong yang ambrol itu.

"Warga selalu gotong royong menimbun gorong-gorong yang ambrol, agar kendaraan bisa lewat. Tapi, kalau hujan, otomatis airnya meluap,  menggenangi badan jalan dan pemukiman warga. Terpaksa kita bongkar lagi timbunanya, biar air mengalir," tuturnya. 

Roliyah berharap, dinas terkait segera melakukan perbaikan gorong-gorang yang ambrol tersebut. 

Terpisah, anggota Komisi III DPRD Lamsel  Suhar Pujianto mengatakan sudah menerima laporan dari masyarakat terkait ambrolnya gorong-gorang tersebut.

 "Sudah ada laporan dari masyarakat dan sudah  kita sampaikan juga ke Dinas PU. Jawaban mereka (dinas PUPR) segera ditindaklanjuti," kata Suhar. 

Meski demikian, dia menyarankan agar aparat desa kembali membuat proposal pengajuan perbaikan gorong-gorang tersebut. "Segera dibuat proposalnya, besok saya tunggu di kantor atau antar ke rumah saya,"pintanya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com