IKLB Jabar Kembangkan Kuliner, Tapis, dan Wisata Lampung

Tanggal 13 Nov 2017 - Laporan - 1062 Views
Pertemuan IKLB Jabar di Villa Zahra Lembang, Minggu (12/11). Foto: Istimewa

Harianmomentum.com-- Mengacu Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Ikatan Keluarga Lampung–Bandung, Jawa Barat (IKLB Jabar) menggiatkan ekonomi kreatif berbasis potensi daerah dan kearifan lokal Lampung.

 

Pengembangan usaha kuliner makanan khas Lampung dan usaha penjualan pakaian Tapis Khas Lampung mendapat respons positif seluruh anggota IKLB dan masyarakat Lampung rantau se-Jabar.

 

”Dengan ekonomi kreatif ini kami ingin menjaring pelaku usaha ekonomi kreatif subsektor kuliner, bukan hanya di Bandung, tetapi juga seluruh Indonesia. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan ekosistem ekonomi kreatif subsektor kuliner Lampung dan memberikan akses permodalan bagi pengembangan usaha ekonomi kreatif sehingga produktivitas dan nilai tambah meningkat,” ujar Ketua Bidang Usaha dan Ekonomi IKLB Said pada acara Pertemuan IKLB  Jabar di Villa Zahra Lembang, Minggu (12/11).  

 

Ketua IKLB Jabar Syafrial mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia mulai menggiatkan ekonomi kreatif berbasis potensi daerah dan kearifan lokal yang dimiliki.

 

Ia mengatakan bahwa sasaran, arah, dan strategi diwujudkan dalam bentuk Peran Organisasi  Daerah dalam membentuk ekosistem ekonomi kreatif sangat penting, terutama dalam hal menentukan produk wisata yang akan dikedepankan untuk menjadi ciri khas daerahnya.

 

Ketua Bidang Budaya dan Pariwisata, Dasrun Hidayat mengatakan saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan website untuk mempromosikan destinasi wisata Lampung, terutama Pulau Pahawang dan Teluk Kiluan. Promosi akan bekerjasama dengan tour and travel yang berada di wilayah Bandung.

 

Selanjutnya Dasrun mengatakan perlu dilakukan kerja sama dengan semua pihak, baik Pengurus IKLB  maupun Pemerintah Daerah Lampung, karena Lampung dinilai memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan lebih luas, karena memiliki kekayaan alam, seni serta budaya yang merupakan bahan baku dari industri kreatif.

 

“Usaha organisasi IKLB akan segera membuka usaha berupa Coffee Resto Sekhuit Lampung di jalan Terusan Buah Batu Bandung, yang akan di-launching pertengahan Desember,” pungkas Dasrun. (rls)

 


 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com