Wakil Wali Kota Metro Tinjau Calon Kampung Buah di Tejosari

Tanggal 27 Nov 2017 - Laporan - 1528 Views
Wakil Wali Kota Metro Tinjau Calon Kampung Buah di Tejosari. Foto Opie

Harianmomentum.com-- Wakil Wali Kota Metro Djohan meninjau wilayah yang akan dijadikan kampung buah oleh masyarakat di RT 1 RT 2 Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur, Senin (27/11). 

 

Dikatakan Djohan, masyarakat di wilayah tersebut bergotong royong untuk menanam buah-buahan di lingkungan masing-masing.

 

Warga masing-masing menyumbang pohon buah-buahan untuk ditanam di lingkungan tersebut. 

 

"Mereka sudah siapkan pohon buah-buahan yang akan ditanam di pinggir tersier. Itu mereka swadaya untuk menyediakan bibit buah-buahan yang akan ditanam. Nanti insyallah Jumat bersih disini untuk bersama-sama membuat kampung buah ini," kata dia dapat sela-sela tinjauan. 

 

Pemerintah, terus dia, sangat mendukung upaya masyarakat untuk membuat kampung buah tersebut. Nantinya, Pemkot Metro melalui DLH juga akan membantu menambah pohon-pohon yang akan ditanam. 

 

"Sangat mendukung. Inikan keinginan masyarakat dan tujuannya baik. Nah saya dengar nanti DLH akan membagikan pohon-pohon ke seluruh kecamatan. Makanya saya minta para warga untuk berkoordinasi supaya kita bisa tambah pohon buah-buahan yang ditanam," paparnya. 

 

Dirinya mengimbau, masyarakat agar bukan hanya menanam. Tetapi juga dijaga dan dirawat agar pohon buah-buahan tersebut bisa tumbuh dengan baik. 

 

"Sebab selama ini kita hanya ceremony saja. Menanam pohon tanpa dirawat. Jadi saya minta pohon itu dirawat kalau perlu setiap warga itu mempunyai tanggung jawab untuk merawat pohon itu sampai besar," terangnya. 

 

Pihaknya juga berterimakasih kepada masyarakat di lingkungan tersebut yang peduli terhadap pohon-pohon di pinggir irigasi. Sebab, para warga mau memangkas pohon-pohon yang sudah mau roboh dan diganti dengan menanam pohon baru lagi. 

 

"Makanya saya minta pohon yang kira-kira membahayakan atau sudah miring supaya di pangkas. Mereka juga mengganti dengan pohon yang baru," ucapnya. 

 

Ditempat yang sama Kepala DLH Kota Metro Eka Irianta mengatakan, nantinya per kelurahan di Kota Metro akan mendapat 500 buah pohon dari pemerintah. 

 

"Itu kita mendapat sekitar 11.000 lebih batang pohon. Jadi nanti dibagikan ke 22 kelurahan. Kalau jenisnya bermacam-macam ada pohon buah dan lainya. Kemungkinan besok (Selasa 28/11) akan dibagikan ke kelurahan-kelurahan," katanya. 

 

Ketua RT 02 Dwi Yuliono menjelaskan, gagasan membuat kampung buah tersebut muncul dari hasil rembukan warga. Dimana, warga sangat antusias untuk menyumbang pohon buah-buahan untuk ditanam. 

 

"Kita kumpulkan warga. Dan alhamdulillah mereka setuju dan menyumbang pohon untuk ditanam. Dalam waktu setengah bulan sudah terkumpul 300 an pohon buah-buahan," jelasnya. 

 

Menurutnya, ada 10 jenis buah-buahan yang akan di tanam di lingkungan tersebut. Yakni Sawo, Jambu Jamaika, Alpukat, Nangka, Mangga, Durian, Jambu, Petai, dan Jambu Air. 

 

"Insyaallah bukan hanya wbuah-buahan saja yang kita sediakan tetapi juga bibitnya juga. Karena dengan adanya kampung buah ini perekonomian warga akan naik," terangnya. 

 

Dirinya berharap adanya dukungan pemerintah untuk mewujudkan kampung buah tersebut. Agar keinginan warga untuk membuat wisata kampung buah dan memajukan perekonomian warga sekitar bisa terwujud. 

 

"Alhamdulillah pak Wakil Walikota mau kesini dan mendukung kami. Karena sebelumnya kita sudah mengirimkan surat untuk meminta izin memangkas pohon yang membahayakan dan ingin membuat kampung buah ini ke kelurahan bahkan sampai ke kecamatan tidak direspon," imbuhnya.(pie)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com