Koperasi di Bandarlampung Bakal Dapat Bantuan Modal Usaha

Tanggal 04 Apr 2017 - Laporan - 1417 Views
Ilustrasi bantuan modal. Foto: Google

Harianmomentum-- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Koperasi setempat tengah mengupayakan bantuan modal untuk koperasi pemula di kota ini.

 

Salah satunya, dengan menjemput anggaran bantuan modal koperasi ke Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI. 

 

Dijelaskan Kepala Dinas Koperasi Kota Bandarlampung, Girendra, sebelumnya pemkot sudah melakukan lobi ke Kementerian Koperasi dan UKM. Salah satunya, menopang kebutuhan modal koperasi yang ada di Bandarlampung. 

 

"Alhamdulillah, kita mendapat respon positif. Pekan depan kita akan membawa proposal 17 koperasi pemula. Kita berharap bantuan modal itu dapat direalisasikan," ujarnya, Selasa (4/4).

 

Ditemui di ruang kerjanya usai menggelar rapat dengan 17 koperasi pemula, Girendra mengungkapkan, program departemen koperasi memang mengalokasikan dana bantuan modal bagi koperasi pemula. Masing-masing koperasi pemula berpotensi menerima bantuan Rp27 juta. 

 

"Syaratnya harus memiliki badan usaha, struktur organisasi, kantor, program kerja yang jelas, dan dokumen rapat anggota tahunan (RAT) untuk koperasi yang sudah beroperasi lebih dari setahun," terangnya.

 

Bantuan modal usaha ini diharapkan mampu menyehatkan koperasi pemula sehingga benar-benar dapat berdaya saing dan terus maju dan berkembang. 

 

Tidak saja untuk koperasi pemula, Dinas Koperasi Kota Bandarlampung juga tengah menjemput bola untuk merealisasikan program bantuan bergulir untuk koperasi aktif. 

 

Program itu sama syarat pengajuan proposal dengan koperasi pemula, hanya saja koperasi aktif diwajibkan memiliki dokumen RAT dan anggunan sebagai jaminan. 

 

"Untuk koperasi aktif ini, bantuan bergulir yang diprogramkan departemen koperasi sedikitnya Rp50 juta untuk setiap koperasi," imbuhnya.

 

Berdasarkan data Dinas Koperasi Kota Bandarlampung, total jumlah koperasi per 31 Desember 2016 mencapai 740. Dari jumlah tersebut, sebanyak 385 telah dinyatakan tidak aktif. (red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com