Bawaslu Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pemilu

Tanggal 11 Des 2017 - Laporan - 739 Views
Panwalu Lampura mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada seluruh stakeholder. Foto Yansen

Harianmomentum.com--Panitia Pengawas Pemilu (Panwalu) kabupaten Lampung Utara (Lampura), Senin (11/12) mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada seluruh stakeholder.

 

Acara khusus menghadapi Pilgub Lampung dan Pilbup Lampura tahun 2018 mendatang itu, bertempat di Aula Hotel Duta Kotabumi itu menghadirkan mantan komisioner Bawaslu Lampung   Ali Sidik sebagai narasumber.

 

Pada kesempatan itu, Ali Sidik didampingi komisioner Panwaslu Lampura Maksum Busthomi dan Agus Ramdhani.

 

Menurut Ali Sidik, kegiatan pengawasan partisipatif ini menjadi konsentrasi Bawaslu. Pada intinya yang berhak mengawasi jalannya pemilu adalah masyarakat.

 

"Muara pengawasan adalah setiap dugaan pelanggaran bisa tertangani dengan tuntas. Oleh karenanya masyarakat harus peduli atau berpartisipasi dengan situasi politik di lingkungannya dengan menyampaikan segala sesuatu yang diduga tindakan pelanggaran pemilu," kata dia.

 

Sementara itu komisioner Panwaslu Lampura, Agus Ramdhani yang bertindak juga sebagai pemateri mengatakan, substansi dari kegiatan ini adalah proses mengamati, mengkaji dan menilai apakah pemilu telah berjalan baik sesuai dengan asas dan peraturan yang berlaku.

 

"Asas pemilu yang jujur dan adil. Untuk mewujudkan itu perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk mengawal sekaligus pengawasan jalannya pemilu,"kata Agus.

 

Acara itu dihadiri juga oleh seluruh anggota panitia pengawasan pemilu kecamatan (Panwascam) se-kabupaten Lampura, perwakilan partai politik, ormas serta elemen mahasiswa. (ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Nasdem Apresiasi Eva Dwiana Ambil Formulir Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Eva Dwiana akan maju kembali pada pilkad ...


Menyapa Via Medos, Ridho Dikabarkan Mau Nyalo ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Gubernur Lampung Muhammad Ridho F ...


Calon Bupati Pringsewu: Fauzi Unggul, Disusul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Konstelasi politik di Kabupaten Pringsewu ...


Ketua STIT Tanggamus Daftar Calon Wakil Bupat ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pada hari ketujuh penjaringan Bakal Calon ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com