PDIP Lampung Nilai Sutono Tidak Salahi Aturan

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung Mingrum Gumay.Foto:Agung Darma Wijaya

Harianmomentum.com--Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung Mingrum Gumay menilai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Sutono tidak menyalahi aturan. 


"Kan sudah mengundurkan diri, jadi saya rasa tidak ada yang perlu dipermasalahkan lagi," jelas Mingrum saat ditemui di Sekretariat DPD PDIP Lampung, Senin (8/1).


Dia menilai, pengunduran diri Sutono merupakan hak pribadinya.


Sehingga, apabila ada yang menghambat, maka sudah melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).


"Itukan hak seseorang untuk mengundurkan diri atau pensiun. Jadi kalau ada yang menghambat, sudah melanggar HAM," tegasnya.


Selain itu, menurut dia, sanksi yang diberikan pun hanya sebatas pembinaan. Itu pun jika masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).


"Sanksinya itukan hanya dibina, kalau yang bersangkutan sudah berhenti, apalagi yang mau dibina?" tanya Mingrum.


Karena itu, dia meminta, jika memang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersikap netral, maka banyak ASN yang terlibat atau menghadiri kegiatan politik.


Dia menegaskan, jika Bawaslu dan KPU Lampung tidak bersikap independen, maka PDIP siap memidana penyelenggara dan pengawas Pemilu tersebut.


"Dalam hal ini, Bawaslu dan KPU harus independen. Jika tidak, PDIP siap mempidanakan, karena kami ini tegak lurus dengan aturan," tegasnya.(adw)

Berikan Komentar