Manfaatkan Budaya dan Satwa, Pemerhati Nilai Cagub Tak Langgar Aturan

Tanggal 11 Jan 2018 - Laporan - 805 Views
Pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) saat mendaftar sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Lampung.Foto:ist

Harianmomentum.com--Pasangan calon gubenur saat melakukan pendaftaran memanfaatkan satwa (gajah) hingga tari-tarian tradisional budaya dinilai tidaklah melanggar aturan.


Hal tersebut disampaikan Pemerhati Sosial dan Budaya Lampung Fajar Ramadhan, saat dihubungi kontributor harianmomentum.com, Kamis (11/1).


"Sah-sah aja, kalau memang ke empat pasangan calon melakukan pelanggaran di mana pelanggarannya. Apa mereka menyiksa satwa, atau merubah tari budaya?" kata Fajar.


Dia mencontohkan, pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) diiringi tarian khas Lampung. 


Dengan adanya tari-tarian tersebut, tentunya menunjukan pasangan Arinal-Nunik mempunyai kepribadian yang dinilai turut melestarikan serta membudayakan kebudayaan Provinsi Lampung khususnya tarian. 


"Tari-tarian yang disajikan saat pendaftaran Arinal-Nunik, dinilai tidak menyelahi aturan, justru dengan tarian yang disajiakn itu dapat melestarian kebudayaan daerah ini," kata dia. 


Begitu juga dengan gajah yang ditunggangi Mustafa-Ahmad Jajuli, Fajar pun menilai tidak ada pelangaran.


Dengan alasan, selagi hewan yang ditunggangi itu tidak disiksa dan disakiti. "Menunggani hewan dinilai sah-sah saja," kata dia.


Kendati demikian, ia menilai masing-masing pasangan calon kepala daerah itu tidak masalah memanfaatkan kebudayaan saat berkampanye, selama gerak tarian tidak diubah dan hewan yang dibawa tidak disiksa, maka sah-sah saja. (aji)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seluruh DPC Gerindra Lampung Sepakat Usulkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Part ...


PAN Lampung Buka Penjaringan Bakal Calon Kepa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aman ...


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com