Camat Penengahan Gencar Kembangkan Obyek Wisata Makam Radin Inten II

Tanggal 08 Apr 2017 - Laporan - 1216 Views
Komplek Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II. Foto: Google

Harianmomentum--Lampung Selatan (Lamsel) dikenal sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki beragam potensi wisata, mulai dari: wisata pantai, pegunungan dan air terjun, hingga wisata sejarah.

 

Dengan segudang potensi tersebut, tak berlibihan jika pemerintah kabupaten (pemkab) setempat menepatkan bidang prawisata sebagai prioritas program pembangunan.

 

Terkait hal itu , Pemkab Lamsel terus memaksimalkan kinerja seluruh pemangku kebijakan untuk berupaya mengembakan potensi wisata di wilayah tugasnya masing-masing, seperti yang dilakukan pihak Kecamatan Penengahan.

 

Wilayah Kecamatan Penengahan menyimpan potensi wisata sejarah berupa Situs Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II.  Sayang saat ini keberadaan Makam Pahlawan Nasional tersebut belum banyak diketahui masyarakat, terutama dari luar daerah.

            

Camat Penengahan Koharudin mengatakan, akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi wisata sejarah tersebut.

 

"Kita akan melakukan sosialisasi secara terus-menerus tentang keberdaan situs ini. Tapi yang utama, lebih dulu kita fokus kepada masyarakat di sini untuk meningkatkan peran aktif menjaga, kebersihan, keamanan, kenyamanan  lingkungan di kawasan Makam Pahlawan Nasionol Radin Inten II,“  kata Koharudin pada harianmomentum.com, Jumat (7/4).

 

Menurut dia, aspek kenyamanan dan keamanan merupakan hal penting untuk menarik minat kunjungan wisatawan. 

 

“Kalau lokasi wisata nyaman dan aman, otomatis pengunjung tidak akan sungkan datang. Itu kenapa, masyarakata harus aktif dalam menjaga kondisi keamanan dan kenyamanan, sekaligus dilibatkan dalam pengelolaan obyek wisata,“ terangnya.      

 

Dia melanjutkan, upaya lain untuk lebih mengenalkan keberadaan obyek wisata sejarah Makam Radin Inten II, akan dilakukan melalui kerja sama dengan dinas pendidikan.      

 

“Kita akan koordinasi dengan dinas pendidikan untuk memasukan Situs Makam Radin Inten II sebagai  salah satu tempat kunjungan utama program study tour pelajar,“ ungkapnya.

 

Kerja sama pengembangan potensi wisata itu juga akan dilakukan dengan instansi terkait lainnya, untuk melakukan pembinaan keterampilan pada masyarakat.

 

“Kreatifitas masyarakat harus digali dan dibina, agar trampil membuat berbagai produk souvenir yang bisa dijual kepada pengunjung obyek wisata sebagai oleh-oleh khas,“ jelasnya. (bob/mnz)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com