Sukseskan Pilgub, Aparat Kepolisian Harus Netral

Tanggal 17 Jan 2018 - Laporan - 799 Views
Upacara Hari Kesadaran Nasional di Polres Waykanan. (foto: vit)

Harianmomentum.com - Aparat kepolisian harus bersikap netral dan tidak memihak salah satu pasangan calon dalam pesta demokrasi pada 2018. Termasuk dalam Pemilihan Gubernur Lampung.

Hal itu disampaikan Kompol Andri Yulianto, mewakili Kapolres Waykanan AKBP Doni Wahyudi pada upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dilaksanakan di lapangan Mapolres setempat, Rabu (17/1).

Disebutkan, pada 2018 adalah tahun politik. Selain Pilgub Lampung, ada 171 daerah di Indonesia yang menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada).

Karena itu, dia mengingatkan aparat kepolisian untuk bersikap netral atau tidak memihak kepada salah satu pasangan calon serta mengawal proses jalannya pesta demokrasi agar berjalan sukses tanpa hambatan.

Polri harus kuat, handal, dan profesional supaya tugas Polri menjaga stabilitas kamtibmas, menegakkan hukum, serta sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal, imbaunya.

Pada bagian lain, Andri yulianto mengatakan upacara yang digelar setiap tanggal 17 harus diikuti upaya peningkatan disiplin sebagai abdi negara dan abdi masyarakat guna melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, kata dia, momentum upacara hari ini, hendaknya jangan dianggap sebagai kegiatan rutin. Namun harus dimaknai sebagai sarana untuk melatih tanggung jawab, memupuk jiwa patriotik, menanamkan kembali nilai-nilai dan semangat nasionalisme. (vit)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dukungan Biar Mengalir, Mukhlis Tetap Fokus d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Banyak dukungan yang tertuju kepada Angg ...


Mantan Anggota Bawaslu Daftar Bacalonkada di ...

MOMENTUM, Pringsewu--Fajar Fakhlevi, Komisioner Bawaslu Pringsewu ...


PDIP Tanggamus Mulai Jaring Calon Kepala Daer ...

MOMENTUM, Tanggamus--Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi ...


Lamteng Dukung Ketua Demokrat Lampung Maju Pi ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Dukungan untuk Ketua DPD Demokrat Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com