Gubernur Lampung Dukung Peningkatan Wawasan Petani

Tanggal 10 Apr 2017 - Laporan - 1105 Views
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo memberikan bantuan tunai kepada 55 Gapoktan di provinsi setempat.Foto: MRF-H Momen)

Harianmomentum--Gubenrur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan akan mendukung upaya peningkatan wawasan serta pengetahuan petani guna mendukung pengembangan sektor pertanian di wilayah setempat.

 

"Upaya tersebut salah satunya dengan aktif mengikuti rembug tani. Rembug tani merupakan ajang silaturahmi yang dapat dipergunakan oleh para petani untuk menambah wawasan serta kemampuan kognitif mereka," kata gubernur, saat menghadiri rembuk tani di lapangan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (9/4).

 

Kegiatan rembug tani yang didukung oleh Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) bertujuan untuk menyatukan para petani, penyuluh, gapoktan, dan jajaran pemerintah Provinsi Lampung untuk berdiskusi mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani di lapangan.

 

"Terimakasih kepada petani Lampung yang telah banyak berjasa, karena kerja keras petanilah saat ini Provinsi Lampung menempati posisi ke-4 se Indonesia untuk surplus hasil pertanian," kata Ridho.

 

Ia juga menyatakan, perhatian kita tidak hanya pada para petani yang ada saat ini, tapi kepada generasi berikutnya dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa pertanian.

 

Untuk itulah, Pemerintah akan memberikan bantuan beasiswa bagi para mahasiswa pertanian sehingga dapat mendukung percepatan pembangunan pertanian di wilayah setempat.

 

"Ada 125 mahasiswa Polinela yang mendapatkan beasiswa setiap tahunnya, gratis, bukan hanya 100 persen tapi 200 persen karena termasuk semua kebutuhannya kita bantu," janji Ridho.

 

Gubernur juga meresmikan peluncuran beras premium Lampung ke Toko Tani Indonesia (TTI) Lampung dan Jabodetabek. Sejumlah 175 ton perbulan ke Jabodetabek, dan 100 ton perbulan untuk penuhi kebutuhan masyarakat Lampung.

 

Selain itu, Gubernur juga memberikan bantuan tunai Rp6,8 miliar kepada 55 Gapoktan (gabungan kelompok tani) di tujuh kabupaten/kota se Provinsi Lampung.

 

Bantuan tersebut dengan rincian 21 Gapoktan di Lampung Selatan sebesar Rp3,6 miliar, delapan Gapoktan di Lampung Tengah sebesar Rp680 juta, 10 Gapoktan di Lampung Timur sebesar Rp1,2 miliar, lima Gapoktan di Tanggamus sebesar Rp500 juta, empat Gapoktan di Pesawaran sebesar Rp340 juta, enam Gapoktan di Pringsewu sebesar Rp960 juta, dan Rp60 juta untuk Kota Bandarlampung.

 

Jumiran, seorang petani dari Kelompok Tani Subur Karya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur atas semua bantuan yang telah diberikan.

 

Sebelumnya, ia menyebutkan, pihaknya juga telah menerima bantuan berupa sumur bor untuk mengatasi masalah pengairan.

 

"Saya berharap dengan adanya kepedulian dari pemerintah, maka ke depan hasil pertanian di daerah ini akan semakin baik serta meningkat," kata dia.(red/asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com