Wabup Resmikan Delapan IPAL di Pringsewu

Tanggal 23 Jan 2018 - Laporan - 867 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi meresmikan delapan (8) IPAL Komunal merupakan program DAK 2017. Foto:Sulis

Harianmomentum.com--Wakil Bupati Pringsewu Fauzi meresmikan delapan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) Komunal se kabupaten setempat yang merupakan kegiatan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017.


Peresmian secara simbolis berlangsung di lokasi IPAL Komunal Pekon Panggungrejo Utara Kecamatan Sukoharjo, Selasa (23/1). Kegiatan itu ditandai dengan pemotongan pita, penanda-tanganan prasasti dan pelepasan balon oleh Wabup Fauzi.


Kedelapan IPAL Komunal program DAK itu berlokasi di dua Kelurahan Fajaresuk dan Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu. 


Kecamatan Ambarawa hanya satu di Pekon Ambarawa Barat, di Kecamatan Sukoharjo ada tiga di Pekon Panggungrejo Utara, Keputran dan Pekon Sukoharjo III dan di Kecamatan Adiluih ada dua di Pekon Srikaton dan Sukoharum.


?Wabup Fauzi memaparkan, tahun lalu Kabupaten Pringsewu mendapat bantuan kegiatan DAK sanitasi untuk pekerjaan IPAL Komunal sebanyak delapan lokasi dalam bentuk BLM yang turun langsung melalui rekening kelompok swadaya masyarakat (KSM).?


?Sedang ruang lingkup program Sanimas DAK Kabupaten Pringsewu diprioritaskan pada penyediaan sarana sanitasi masyarakat yang meliputi IPAL Komunal dengan sistem perpipaan atau kombinasi IPAL Komunal dengan sistem perpipaan dan MCK. Setiap lokasi akan terlayani 50 KK (200 jiwa) dengan rancangan kapasitas IPAL untuk 200 KK (800 jiwa).


Pada kesempatan itu, Wabup Pringsewu mengharapkan setelah diresmikannya ke-delapan IPAL Komunal ini, maka mampu mengurangi permasalahan sanitasi yang ada di Kabupaten Pringsewu dan meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan masyarakat.


Disamping itu juga diharapkan peran aktif masyarakat kususnya pada Kelompok Pemanfaat dan Pemiliharaan (KPP) dalam upaya pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur yang telah terbangun serta kreasi dan inovasi demi tercapainya desa mandiri.


"Manfaatkanlah dengan sebaiknya lokasi IPAL Komunal itu sebagai sarana informasi, sosialisasi dan edukasi,"harapnya.


Menurut dia, salah satu komponen utama kegiatan tersebut yakni pemberdayaan masyarakat. Selain itu kegiatan tersebut menggunakan beberapa pendekatan ?seperti mempotensikan gender, otonomi dan desentralisasi di mana pemerintah daerah bertanggung jawab penuh terhadap keberlanjutan dari pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian.


Di sisi lain Wabup Pringsewu menuturkan, program Sanitasi-DAK adalah salah satu program pembangunan sanitasi yang diimplementasikan langsung kepada masyarakat melalui proses pemberdayaan masyarakat yang didanai APBN bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan tujuan untuk membantu mendanai pembangunan sanitasi sesuai prioritas Nasional.


"Maka di sini keterlibatan masyarakat menjadi kunci utama pembangunan sanitasi, melalui pelibatan masyarakat secara utuh dalam seluruh tahapan kegiatan mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan konstruksi sampai dengan tahap pengelolaan dan pemeliharaan," paparnya.


?Wabup Fauzi menambahkan, bahwa Pemkab Pringsewu pada dua pekan lalu juga telah meresmikan enam fisik IPAL Komunal merupakan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat Islamic Development Bank (Sanimas-IDB) tahun 2017.


Ke-enam IPAL Komunal itu, empat berada di Kecamatan Pringsewu yakni di Kelurahan Pringsewu Timur, Pekon Rejosari, Margakaya  dan Pekon Bumiayu. Dua berada di Kecamatan Ambarawa yakni di Pekon Tanjung Anom dan Sumber Agung.(lis)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


DPRD dan Disnakertrans Lampung Selatan Bahas ...

MOMENTUM, Kalianda--Panitia Khusus Badan Anggaran DPRD Lampung Se ...


DPRD Lamsel Soroti Lampu PJU Rusak dan Lahan ...

MOMENTUM, Kalianda -- DPRD Lampung Selatan menyoroti lampu penera ...


DPRD Lampung Selatan Minta Dinas Koperasi Leb ...

MOMENTUM, Kalianda--Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan menya ...


Pansus DPRD Lampung Selatan Usulkan Tarif Pot ...

MOMENTUM, Kalianda--Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com