Tujuh Rumah Terancam Batal Dapat Program Bedah Rumah

Tanggal 10 Apr 2017 - Laporan - 1183 Views
Ilustrasi bedah rumah. Foto: Google

Harianmomentum--Sebanyak tujuh rumah warga terancam batal mendapatkan program bedah rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

 

"Saat ini masih dalam proses pemeriksaan koordinat, karena ketujuh rumah tersebut berada di wilayah Hutan Kawasan Produksi Register 1 Way Pisang, Lampung Selatan," kata Camat Penengahan Koharuddin, saat dikonfirmasi kontributor harianmomentum.com, Senin (10/4).

 

Menurut dia, kawasan hutan register tersebut tidak diperkenankan untuk didirikan bangunan.

 

"Ketujuh rumah dari total 31 unit itu terletak di Dusun Dua Selapan, Desa Rawi, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, yang jelas kalaupun ada pembatalan semua berdasarkan penegasan dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung," kata Camat.

 

Ia mengaku, sudah mempersiapkan beberapa rumah sebagai ganti jika nanti ketujuh rumah tersebut memang tidak bisa atau batal ikut prgoram bedah rumah.

 

Disinggung lebih lanjut sejauh mana proses program ini, Koharuddin menjelaskan saat ini rumah-rumah tersebut sudah dilakukan pemeriksaan koordinat oleh Tim Tenaga Fasilisator Lapangan (TFL) yang ahli di bidangnya.

 

"Sudah mulai mengumpulkan bukti-bukti surat kepemilikan rumah, tidak harus bersertifikat karena sebagian pemilik rumah memang sangat tidak mampu, minimal surat sporadik atau keterangan bahwa rumah tersebut memang miliknya," tutur dia.

 

Ia melanjutkan, bantuan tersebut nantinya akan sepenuhnya diserahkan kepada pihak ketiga, dalam hal ini toko bangunan yang sudah ditunjuk untuk menyediakan kebutuhan apa saja yang diperlukan di setiap rumah.

 

"Nilai bantuannya juga bervariasi, tergantung dengan kondisi rumah. Bantuan tersebut tidak lagi berupa uang tetapi sudah berbentuk bahan bangunan," jelasnya.

 

Koharuddin berharap, nantinya pemilik rumah dapat lebih bijak memilih material apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah mereka. "Semoga program bedah rumah ini juga bisa menjadikan rumah warga menjadi lebih layak huni," pintanya.(bob/asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Lebaran Lancar dan Terkendali, Kin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arus balik lebaran 2024 di Provinsi Lamp ...


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com