Khamami Panen Perdana Padi di Sungaibadak

Tanggal 29 Jan 2018 - Laporan - 818 Views
Bupati Mesuji Khamami bersama jajaran forkopimda panen perdana padi tahun 2018 di Desa Sungaibadak.

Harianmomentum.com--Bupati Mesuji Khamami bersama jajaran forum komunikasi pimpinan derah (forkopimda) setempat melakukan panen perdana padi tahun 2018 di Dusun Pasirintan, Desa Sungaibadak, Kecamatan, Senin(29/01). 


Penen perdana itu dilakukan diatas arel seluas 2,5 hektere dari total luas tanam 400 hektare. 

 

“Panen perdana ini salah satu bukti upaya kita mewujudkan proyeksi Presiden Joko Widodo menjadikan Mesuji sebagai salah satu lumbung pangan nasional,” kata Khamami.

Dia menerangkan, saat ini luas arel sawah di Kabupaten Mesuji mencapai 64.500 hektar. Namun baru sekitar 27.000 hektar saja yang sudah ditanam padi dan tersebar di tiga kecamatan: Mesuji, Mesuji Timur dan Kecamatan Rawajitu Utara.

Khamami juga mengatakan, kedepan akan memfasilitasi segala keperluan para petani, mulai dari penanaman, sampai panen. Bahkan, pasca panen pun pemerintah daerah setempat yang akan membeli beras petani melalui rice milling plant (RMP) di Desa Wonosari, Kecamatan Mesuji Timur dengan harga di atas pasaran umum.

"Sesuai arahan pak Jokowi, kedepan petani di Mesuji saya minta untuk tidak menjual gabah, melainkan beras, dan pemda yang akan membeli beras petani ini. Mengapa demikian, supaya petani mendapatkan keuntungan yang lebih besar, sehingga tidak ada istilah harga gabah anjlok di Mesuji,"jelasnya.

Khamami menambahkan, selain akan membeli beras petani dengan harga tinggi, pihaknya juga akan membantu kesulitan petani, terkait permodal dengan memfasilitasi, agar petani bisa lebih mudah mengajukan pinjaman ke bank.(ish)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com