Dispora Lampura Seleksi Calon Paskibraka

Tanggal 12 Apr 2017 - Laporan - 1155 Views
Kantor Dispora Kabupaten Lampung Utara.

Harianmomentum--Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Lampung Utara melakukan seleksi penerimaan calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 2017.

 

"Seleksi tersebut sudah mulai dilaksanakan pada Senin (10/4) hingga Kamis (20/4) mendatang," kata Kepala Dispora Lampura, Ilham Akbar, melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Mas'ud saat dikonfirmasi kontributor harianmomentum.com, Rabu (12/4).

 

Mas'ud mengatakan, pendaftaran seleksi Paskibraka 2017 ini untuk para siswa SMA, SMK dan Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta. 

 

"Tahun 2016 lalu ada 200 peserta yang mendaftar, kemungkinan jumlah itu akan bertambah banyak pada tahun ini," kata dia.

 

Ia melanjutkan, sebelum dilakukan penjaringan pihaknya telah memberikan surat edaran ke sekolah-sekolah menengah atas baik negeri maupun swasta yang ada di kabupaten setempat. 

 

Untuk seleksi para calon Paskibraka, ia menambahkan, dilakukan oleh pihak Kodim, Polres, PPI (Purna Paskibraka Indonesia). 

 

"Dispora hanya menyiapkan peserta dan sarana prasarananya saja, nantinya panitia seleksilah yang akan memutuskan hasil akhir dari hasil akhir penjaringan," ujarnya. 

 

Kriteria persyaratan calon peserta merupakan siswa-siswi dari SMA, SMK dan MAN, dengan usia 16 hingga 18 tahun dan duduk di kelas X dan XI. 

 

Memiliki tinggi badan untuk tingkat Nasional, putra minimal 170 cm--maksimal 180 cm dan putri minimal 165 cm--maksimal 175 cm. Kemudian untuk tingkat Kabupaten, tinggi badan putra minimal 168 cm dan puteri 163 cm serta berkepribadian dan berakhlak mulia. 

 

Tegak dan tidak cacat dengan kaki tidak berbentuk O dan X serta sehat jasmani rohani. Kemudian ada surat keterangan dari dokter mengenai gigi, kulit dan mata serta penampilan segar, gembira juga menarik.

 

Selain itu, belum pernah menjadi Paskibraka tingkat Nasional, provinsi maupun kabupaten yang dibuktikan oleh surat pernyataan yang ditandatangani calon peserta bersangkutan dan kepala sekolah. "Menguasai seni daerah, lulus seleksi dari sekolah dan memenuhi persyarakatan lainnya," kata Mas'ud.

 

Bagi para calon Paskibraka yang lulus dari hasil seleksi para peserta akan dididik secara kedisiplinan dengan mengedepankan etika kerapihan dan kebersihan. "Peserta yang lulus seleksi kemudian akan mengikuti tes Bahasa Inggris dengan melibatkan pihak dari dinas pendidikan, dan siap serta patuh atas semua ketentuan sebagai siswa Paskibraka," terangnya. (Red/asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sejumlah Wartawan di Lampung Utara Beri Bantu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Sejumlah wartawan mengunjungi Yayasan Pondo ...


Besok, Seleksi Pakibraka Kabupaten Lampung Se ...

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) ...


PSGA Bekali Duta Konselor Antisipasi Kekerasa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lemb ...


Ratusan Film Bersaing dalam Festival Film Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Festival Film Lampung (FFL) 2024 meng ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com