Blanko Hambat Proses Pencetakan e-KTP Lampung Barat

Tanggal 12 Apr 2017 - Laporan - 1138 Views
Ilustrasi blanko e-KTP. Foto: Google

Harianmomentum--Berjalan mundur. Ungkapan itu menjadi salah satu gambaran dari program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Meski masyarakat telah melakukan perekaman, namun belum dapat memiliki karena tidak tersedianya blanko e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat.

 

"Terhitung Oktober 2016, kami tidak dapat mencetak e-KTP masyarakat di daerah ini, karena kehabisan blanko," kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lampung Barat, Syamsurizal, saat dikonfirmasi kontributor harianmomentum.com, Rabu (12/4).

 

Ia menyebutkan, setidaknya sudah setengah tahun tidak ada blanko untuk mencetak e-KTP masyarakat yang telah melakukan perekaman.

 

"Memang, kejadian kosong blanko ini tidak hanya terjadi di Lambar (Lampung Barat) saja. Melainkan, seluruh Indonesia mengalami hal yang sama," kata dia. 

 

Akan tetapi, ia melanjutkan, kekosongan blanko tersebut, tidak akan lama lagi. "Kabarnya blanko e-KTP telah sampai di Provinsi Lampung sebelum dibagikan ke 15 kabupaten/kota, termasuk Lambar," ujarmnya.

 

Saat ini, ia menerangkan, fisik e-KTP sudah sampai di provinsi. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat blanko tersebut segera sampai di kabupaten," ungkapnya.

 

Syamsurizal menambahkan, bahwa masyarakat yang telah melakukan perekaman mencapai angka 47 ribu lebih. Namun, dari angka tersebut hanya sekitar delapan ribu yang sudah bisa dilakukan percetakan e-KTP. 

 

Hal itu, ia menjelaskan, karena masih banyaknya perekam yang belum terdata atau belum sampai di server kabupaten.

 

"Hingga saat ini kita masih terkendala jaringan yang sering tidak nyambung atau tidak ada sambungan internet. Jadi terkadang aplikasi dari pusat sering terputus, sehingga jangankan data dari pusat menuju server kabupaten, yang dari kecamatan untuk pusat saja sering terkendala dalam pengirimannya," ujar dia. 

 

Jadi, masih kata dia, tidak heran jika banyak yang sudah melakukan perekaman namun tidak bisa dicetak.

 

Syamsurizal berharap, blanko e-KTP secepat mungkin sampai ke pihaknya dengan kuota yang dibutuhkan, sehingga ke depan masyarakat tidak lagi terkendala kehabisan blanko. 

 

"Terlebih agar masyarakat tidak lagi menunggu sampai berhari-hari bahkan sampai berbulan-bulan seperti saat ini," kata dia. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


Kuota Haji Lampung yang Tak Terisi Dialihkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sisa kuota jemaah calon haji (JCH) Lampu ...


OTD Haji Tahun Ini Disepakati Rp4,9 Juta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ongkos transit daerah (OTD) untuk jemaah ...


Musrenbang Pringsewu, Intizam: Perlu Ada Kese ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu melaksanaka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com