Unhan Dukung Tanggamus Jadi Lokasi Industri Pertahanan

Tanggal 26 Feb 2018 - Laporan - 899 Views
Perjanjian kerjasama (MoU) Unhan dengan Kabupaten Tanggamus, Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan PT Daya Radar Utama (DRU). Foto. Ira

Harianmomentum.com - Universitas Pertahanan (Unhnan) mendukung kawasan Tanggamus, Lampung menjadi lokasi pembangunan industri pertahanan. 


"Tanggamus dinilai memiliki sumber daya alam potensial untuk memindahakan sejumlah pabrik yang memproduksi alat-alat pertahanan Indonesia," ujar Rektor Unhan, Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto pada acara Kunjungan Kerja Dalam Negeri (KKDN) Unhan ke Provinsi Lampung, Senin (26/2) di Rung Abung Balai Keratun.


Yoedhi Swastanto mengungkapkan, dalam KKDN Unhan ke Lampung tersebut, Unhan akan melakukan studi kelayakan (feasibility study) untuk melihat potensi Tanggamus menjadi industri pertahanan terutama ditinjau dari aspek akademis.


Dikatakan Yoedhi, hasil penelitian mahasiswa KKDN ini selanjutnya akan diserahkan ke Kementerian Pertahanan sebagai bahan masukan untuk kemenhan, apakah daerah Tanggamus relevan atau tidak untuk dijadikan sebagai daerah industri pertahanan.


Menurut dia, kebijakan pemerintah pusat untuk merelokasi sejumlah industri pertahanan di luar Pulau Jawa merupakan langkah untuk memperkuat industri pertahanan dan sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang mengarahkan pembangunan Indonesia secara merata.


“Prinsip dasarnya adalah untuk membangun pertahanan yang tangguh tidak bisa terpusat tapi harus disebarkan, harus ada perubahan paradigma seperti yang disampaikan Pak Jokowi, jangan Jawa sentris tapi Indonesia sentris, artinya penyebaran dimana-mana,” ujarnya. 


Sementara Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, mengungkapkan harapannya agar industri pertahanan dibangun di Tanggamus.


"Tanggamus memiliki topografi laut yang dalam, sehingga cocok untuk dijadikan kawasan industri pertahanan," ujar Zainal yang juga menjabat Kepala Biro Admistrasi Pembangunan (Adbang) Provinsi Lampung itu.


Pembangunan industri pertahanan tersebut, kata Zainal, akan memberikan efek ganda bukan hanya bagi Tanggamus tapi juga daerah di sekitarnya.


“Kita sangat mensupport, karena pembangunan industri ini akan mengembangkan wilayah Tanggamus. Industri Tanggamus akan memberikan Multiplier Effect bagi pembangunan lain di Tanggamus seperti UMKM, koperasi, pusat pariwisata bahkan wilayah-wilayah lain sekitar Tanggamus juga akan berkembang,” jelasnya.


Di tempat yang sama, Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno melalui Plt. Sekretaris Daerah Lampung Hamartoni Ahadis mengungkapkan suatu kehormatan karena Lampung dipilih sebagai tempat KKDN Unhan.


Ia mengatakan, sejak 2016 Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan MoU dengan Unhan untuk meningkatkan sumber daya manusia ASN Pemprov Lampung khususunya dalam hal pertahanan negara dan bela negara.


“Melalui MoU ini ASN Pemprov Lampung berkesempatan untuk mengikuti pendidikan yang diselenggarakan Unhan,” ungkapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhan Yoedhi Swastanto juga menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan beberapa pihak yakni Kabupaten Tanggamus, Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan PT Daya Radar Utama (DRU).


KKDN Unhan berlangsung dari tanggal 25 Februari hingga 2 Maret 2018, dengan rombongan yang berjumlah 65 orang. Kegiatan yang akan dilaksanakan di Provinsi Lampung, diantaranya Unhan Mengajar juga melakukan penelitian ke Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU&PR), Itera, juga melakukan seminar Nasional Bela Negara di Universitas Lampung. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jemput Kemenangan Pilkada 2024, Golkar Lampun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menyiapkan strategi, sumber daya manusia ...


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


KPU Metro Sosialisasi Tahapan Pemilihan Guber ...

MOMENTUM, Metro--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, menjelas ...


Mantan Sekda Ikut Daftar Balon Bupati Pringse ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Ingin lebih berkontribusi membangun Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com