Arinal: Lampung Berpotensi Jadi Kota Hijau

Tanggal 26 Feb 2018 - Laporan - 740 Views
Pasangan Cagub dan Cawagub, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim saat mendaftar di KPU Lampung./ist

Harianmomentum.com--Calon Gubenur Arinal Djunaidi mengatakan Provinsi Lampung memiliki potensi besar untuk menjadi kota hijau.

 

“Lampung harus bisa menjadi kota hijau, apalagi sebagian wilayah ini merupakan hutan yang masih dilindungi,” kata Cagub yang berpasangan dengan Chusnunia Chalim (Nunik), Senin (26/2).

 

Menurut dia, dibutuhkan perhatian khusus untuk pengembangan kualitas lingkungan melalui pengembangan kota hijau.

 

Salah satunya, dengan berfokus kepada peningkatan kualitas lingkungan, penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan diterapkannya unsur infrastruktur hijau sebagai unsur utama kota hijau.

 

"Pembangunan di Provinsi Lampung harus menggunakan konsep kota hijau, karena ini merupakan penyeimbang lingkungan kita," ucapnya.

 

Kota hijau ini sebagai bentuk upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, apa lagi saat ini kerusakan hutan di Lampung sudah mencapai 60 persen dan untuk menutupi itu perlu solusi yang baik.

 

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga Arinal-Chusnunia Chalim atau yang akrab disapa Nunik menawarkan konsep pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan.

 

"Pembangunan ramah lingkungan harus diutamakan, sehingga lingkungan tetap terjaga," katanya.

 

Selain itu, pembangunan RTH harus tetap mempertahankan pohon yang masih baik, harus bisa terlihat baik meskipun sudah cukup usang.

 

"Setiap daerah harus memiliki ruang terbuka hijau lebih dari dua, selain untuk ruang bermain anak ini juga harus dimanfaatkan untuk mencegah banjir," kata dia.

 

Hal senada disampaikan, calon wakil gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan RTH sangat penting selain untuk taman bermain anak, itu juga merupakan wilayah resapan air sehingga pembangunannya harus benar-benar matang.

 

"Jangan menebang pohon yang sudah ada dan juga pembangunannya harus menggunakan konsep ruang hijau yang artinya harus ada celah untuk resapan air," ucapnya. 


Pasangan yang diusung Partai Golkar, PKB dan PAN ini mengungkan bahwa dirinya optimis dengan konsep pembangunan infrastruktur yang mengedepankan kelestarian lingkungan, Lampung akan menjadi kota hijau.(red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KPU Tanggamus Buka Pendaftaran Calon PPK ...

MOMENTUM, Tanggamus--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus membuk ...


Nyalon Bupati, Mantan Pj Bupati Pringsewu Amb ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Berangkat dari pengalaman menjadi Penjabat ...


Jemput Kemenangan Pilkada 2024, Golkar Lampun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menyiapkan strategi, sumber daya manusia ...


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com