Debat Kandidat Pilgub di Jakarta dan Lampung

Tanggal 07 Mar 2018 - Laporan - 791 Views
Ilustrasi. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung akan menggelar debat kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Jakarta dan Lampung. 


Menurut Komisioner KPU Lampung Solihin, debat kandidat dilaksanakan tiga kali, sekali di Jakarta dan dua kali di Lampung.


"Rencananya debat kandidat digelar di salah satu studio TV di Jakarta dengan siaran langsung. Dua kali dilaksanakan di Lampung yang diliput media lokal, dengan siaran langsung dan siaran tunda," kata Solihin, Rabu (7/3).


Menurut dia, debat kandidat di Jakarta lebih menghemat anggaran dibandingkan dengan di laksanakan di Lampung. Debat kandidat di Lampung menghabiskan Rp1 miliar. Sedangkan, jika diadakan di Jakarta, KPU Lampung hanya mengeluarkan Rp500 juta.


"Biaya itu bisa hemat setengahnya jika acara diadakan di Jakarta. Kalau debat kandidat di sini (Lampung) menggunakan TV nasional bisa memakan anggaran Rp1 miliar," jelasnya.


Selain itu, dia menilai, pelaksanaan debat kandidat di Jakarta agar masyarakat Indonesia dapat menyaksikan secara langsung.


Sudah ada beberapa stasiun Televisi (TV) sudah melakukan komunikasi dengan KPU Lampung untuk penyiaran debat kandidat tersebut.


"Hal ini agar dapat disaksikan secara luas oleh masyarakat Indonesia. Sudah ada yang melakukan komunikasi ke kita," terangnya. Namun KPU Lampung belum memutuskan stasium TV yang akan digunakan debat kandidat.


Dia menerangkan, untuk akomodasi pasangan calon dalam debat kandidat di Jakarta ditanggung KPU Lampung. Sedangkan, tim pemenangan dan relawan yang ingin hadir, biayanya ditanggung masing-masing pasangan calon.


"Kalau paslon akan kita tanggung biayanya. Tapi, untuk tim relawan diharapkan bisa ditanggung paslon. Selain itu, tim pendukung juga akan dibatasi, karena beda kalau di tempat terbuka," jelasnya.(adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo, Herman: Ja ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh ...


Jelang Pilkada, Kepala Daerah Dilarang Rollin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Beberapa bulan ke depan, sejumlah daerah ...


Gerindra Lampung Belum Fokus Pilkada 2024, Gi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nama-nama kader Gerindra Lampung kian ha ...


PAN Lampung Fokus Jaring Calon Kepala Daerah, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi pemilihan kepala daerah (pilk ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com