KNPI Lampung Tuntut DPP Segera Gelar Musda Lanjutan

Tanggal 14 Mar 2018 - Laporan - 941 Views
KNPI Lampung mengadakan jumpa wartawan. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Musyarah Daerah (Musda) Musda XIII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lampug yang digelar di Aula Sudirman Korem 043/Gatam Lampung pada 9-10 Maret 2018, terhenti tanpa menghasilkan keputusan. KNPI Lampung menuntut DPP KNPI segera menggelar musda lanjutan. 


Tuntutan itu disampaikan Juru Bicara KNPI Lampung Wawan Sah Raja Tihang seraya menjelaskan kronologis terhentinya Musda XIII KNPI Lampung.


Dari awal, kata Wawan, Musda ke-13 ini dihadiri seluruh peserta musda dari unsur OKP,  DPD KNPI Provinsi, DPD KNPI kabupaten/kota dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum KNPI Muhammad Rifai Darus.


Bahkan, dari unsur DPP KNPI juga hadir, seperti Sirajudin Abdul Wahab (Sekjend DPP KNPI), Jubirdarsun (Wasekjend DPP KNPI) dan Arif Rahman (Pengurus DPP KNPI). 


Dikatakan Wawan, Musda KNPI semula berlangsung lancar sesuai dengan AD/ART KNPI dan Tatatertib yang telah disahkan forum musyawarah daerah. Musda juga mendapat jaminan keamanan dari Korem 043 Gatam Lampung, dan mendapatkan izin dari Polresta Bandarlampung. 


"Mulai tahapan hingga sampai dengan Sidang Pleno III sesuai Tatib Musda," ujar Wawan di Sekretariat DPD KNPI Provinsi Lampung, Selasa (13/03/2018).


Pemilihan Ketua KNPI Lampung Periode 2018-2021, hingga batas waktu yang ditentukan hanya ada satu bakal calon yang mendaftarkan diri kepada Pimpinan Sidang yang dipimpin oleh Jubirdarsun (Wasekjend DPP KNPI), Cikmasuri (Anggota/ Unsur MPID KNPI Provinsi Lampung)  Rudian Saputra (Anggota/ Unsur DPD KNPI Provinsi Lampung), Selamet (Anggota/ Unsur DPD KNPI Tulang Bawang), Rahmat (Anggota/ Unsur OKP-GMNI). 


"Setelah penyampaian visi dan misi dari calon Ketua KNPI Bung Ardito Wijaya, semestinya tahapan berikutnya adalah menetapkan calon tunggal dan secara aklamasi menjadi Ketua KNPI Lampung," papar Wawan.


Namun, tanpa ada alasan yang jelas, pimpinan sidang Jubirdarsun (Wasekjend DPP KNPI) akan meninggalkan sidang. Keputusan ini sepihak tanpa meminta saran dengan anggota pimpinan sidang lainnya. 


Hal itu mendapat interupsi dari mayoritas peserta musda. Kondisi yang semula tertib menjadi riuh, terdengar suara protes dari beberapa perwakilan OKP mempertanyakan prihal pimpinan sidang akan meninggalkan arena musda. 


"Lalu pihak Korem 043 mencegah terjadinya kericuhan,  menghentikan sementara kegiatan musda KNPI Lampung," ucap Wawan.


Hari Kedua, pada Sabtu pagi (10/3),  Kapolda Lampung Irjen (Pol). Suntana, didampingi Kapolresta Bandarlampung Kombes (Pol) Murbani Budi Pitono, bersama anggota Kepolisian Daerah Lampung, setelah mendengarkan laporan keributan musda, mendatangi tempat berkumpulnya pimpinan sidang, peserta Musda dan kandidat, ketua, di Hotel Swiss-Belhotel Bandarlampung. 


Kapolda melakukan dialog dengan panitia, pimpinan sidang, perwakilan peserta dan kandidat ketua. Lalu disepakati, pelaksanaan Musda KNPI Lampung dilanjutkan dengan mendapat jaminan keamanan dari Kepolisian Daerah Lampung. 


"Pada saat panitia menyiapkan tempat dan kelengkapan Musda, serta mengumpulkan peserta Musda, kembali pimpinan sidang dari unsur DPP menghilang dan belakangan diketahui kembali ke Jakarta tanpa alasan yang mendasar," jelas Wawan.


Kemudian, panitia berkali kali dihubungi oleh Polresta Bandarlampung tentang kepastian pelaksanaan Musda, sedangkan panitia menunggu kesiapan dari pimpinan sidang (Unsur DPP) yang tak kunjung hadir diarena Musda. 


Saat ini terjadi kesimpangsiuran informasi terkait terhentinya pelaksanaan Musda. Untuk itu demi menjaga kondusifitas dalam dinamika kepemudaan Provinsi Lampung, serta  menjaga marwah KNPI.


"Untuk langkah kedepannya, kami tinggal menunggu apa keputusan dari DPP KNPI. Karena ketua KNPI di Lampung tidak boleh kosong. Harapan kami meskipun di Jakarta kami siap. Karena ini sifatnya sesuai dengan amanat AD/RT," tandasnya. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo, Herman: Ja ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh ...


Jelang Pilkada, Kepala Daerah Dilarang Rollin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Beberapa bulan ke depan, sejumlah daerah ...


Gerindra Lampung Belum Fokus Pilkada 2024, Gi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nama-nama kader Gerindra Lampung kian ha ...


PAN Lampung Fokus Jaring Calon Kepala Daerah, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi pemilihan kepala daerah (pilk ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com