Pameran Pertanian Meriahkan Peluncuran Kartu Tani Berjaya

Tanggal 16 Mar 2018 - Laporan - 958 Views
Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) meninjau stand pameran pertanian pada peluncuran Kartu Tani Berjaya./ist

Harianmomentum.com--Sebanyak 13 stand pameran pertanian dari kabupaten se Provinsi Lampung ikut memeriahkan peluncuran kartu tani berjaya Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) yang dilaksanakan di Desa Ramapuja Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, Jumat ( 16/3).

 

Stand pameran dari 13 kabupaten se Lampung tersebut menampilkan hasil pertanian, perkebunan dan kelautan di antaranya Kabupaten Lampung timur yang memamerkan hasil olahan serta kekayaan laut dan pertanian seperti udang, cumi, terasi, sayuran telor dan pepaya.

 

Tulangbawang menampilkan hasil pertanian seperti padi, singkong, sawit, buah naga serta sayur-mayur. Pesawaran ikut menampilkan hasil perkebunan di antaranya durian, pisang, kelapa, kakao, juga pepaya california.

 

Pringsewu menampilkan hasil perkebunan baik yang mentah maupun yang sudah diolah seperti durian, sawit, pisang, rambutan. Kopi, gula aren, pinang juga keripik.

 

Dari Kabupaten Lampung Selatan menampilkan hasil pertanian perkebunan yakni jagung, kakao, sayuran, pisang. Begitu juga dengan Lampung Tengah yang menampilkan hasil perkebunan seperti sawit, jagung, singkong dan cempedak.

 

Sedangkan, Kabupaten Tanggamus menampilkan durian, gula aren, pisang, kakao, pepaya, kelapa. Untuk Lampung barat berupa sayuran, kopi, cabai hijau, kakao, serta durian.

 

Pesisir Barat menampilkan hasil kebun berupa  pisang, singkong, sayuran. Mesuji sawit, bentul, buah naga, madu. Sementara, produk dari kelompok wanita tani berupa kerupuk, keripik, serta beberapa makanan olahan lainnya.

 

Tulangbawang Barat berupa sawit, madu jamur, padi, singkong, keripik, pisang. Untuk Waykanan yakni tebu, sawit, sayuran, coklat, pisang dan Lampung utara menampilkan bibit buah-buahan, kopi bubuk, pepaya, petai, alpukat dan jagung.

 

Dari semua pameran dari 13 kabupaten didominasi hasil perkebunan. Namun, beda dengan Lampung Timur yakni menampilkan hasil kekayaan lautnya.(rls/red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KPU Tanggamus Buka Pendaftaran Calon PPK ...

MOMENTUM, Tanggamus--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus membuk ...


Nyalon Bupati, Mantan Pj Bupati Pringsewu Amb ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Berangkat dari pengalaman menjadi Penjabat ...


Jemput Kemenangan Pilkada 2024, Golkar Lampun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menyiapkan strategi, sumber daya manusia ...


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com