PHDI Lampung Gelar Pawai Ogoh-Ogoh di Tugu Adipura

Tanggal 16 Mar 2018 - Laporan - 1081 Views
Pawai ogoh-ogoh memperingati Hari Raya Nyepi di Bandarlampung./ Ira Widya

Harianmomentum.com--Parisada Hindu Dharma Indonesia (PDHI) Provinsi Lampung menggelar pawai dan atraksi ogoh-ogoh dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940/2018.

 

Kegiatan itu dihadiri seluruh umat Hindu yang dipusatkan di Tugu Adipura Bandarlampung, Jumat (16/3/2018).

 

Acara itu dibuka Plt Wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar dan dihadiri Ketua PDHI Provinsi Lampung I Ketut Pasek, serta perwakilan dari Polda Lampung.

 

Salah seorang panitia acara Wayan Sudasta (46) mengatakan, kegiatan ini dalam agama Hindu lebih dikenal dengan nama Sawur Kesange yang bermakna membersihkan diri.

 

"Banyak, kan sange itu sembilan, membersihkan sembilan, membersihkan diri, mempesihkan pikiran, membersihan alam sekitar, dan lainnya," kata Wayan Sudasta.

 

Maksudnya, kata dia, adalah agar umat hindu sebelum melakukan nyepi yang jatuh pada Sabtu (17/3/2018) sudah membersihkan diri sehingga tidak ada godaan dan nyepi dapat berjalan lancar.

 

"Besok perayaan Nyepi, kegiatannya yamati geni (mematikan api), mati lelungaan (tidak berpergian), mati karye (tidak bekerja). Ya di dalam rumah, minimal di pekarangan rumah," imbuhnya.

 

Dia melanjutkan, nantinya ogoh ogoh yang sudah ditampilkan dalam pawai dan atraksi akan dibakar. Setidaknya ada lima ogoh ogoh dalam pawai ini salah satunya ogoh-ogoh sangiang kala abang.

 

"Bahasa Indonesianya dedemit merah lah gitu. Mereka ini dianggap yang mengganggu umat manusia. Sehingga nanti dibakar dimusnahkan," kata dia.

 

Usai acara nyepi, Minggu (18/3/2018) umat Hindu akan melaksanakan mandi kembang untuk mensucikan diri. "Namanya ngembak geni, bersih-bersih diri ke laut, mandi kembang mensucikan diri," tutupnya.(ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com